Return to site

Waktu Yang Tepat Menjalankan Program Loyalti Untuk Pelanggan

Sukses mengembangkan loyalitas dengan program loyalti

· Tips Sales

Ketika Anda sudah mendapatkan banyak pelanggan, jangan pernah melupakan kepercayaan mereka yang tetap setia menggunakan produk/layanan Anda. Mereka memang menggunakan produk untuk kepentingan bisnis mereka sendiri. Tetapi, secara tidak langsung ia memfokuskan pengeluaran mereka untuk produk/layanan Anda, yang berarti mereka telah memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghargai keputusan tersebut dengan memberikan nilai tambah berupa reward kepada pelanggan-pelanggan lama Anda.

Perlu Anda ingat kembali, jangan pernah menjalankan program loyalti dengan cara yang salah. Artinya, Anda terlalu terburu-buru menjalankan program loyalti, sehingga target pelanggan yang Anda harapkan justru tidak sesuai. Anda tetap perlu melakukan riset secara internal untuk mencari pelanggan-pelanggan yang masuk pada kualifikasi tertentu dan berhak mengikuti program loyalti Anda.

Mengkualifikasi pelanggan untuk mengikuti program loyalti bukan berarti membedakan layanan terhadap pelanggan. Ini perlu dilakukan karena Anda juga membutuhkan pelanggan paling berkualitas agar program tersebut berjalan sesuai dengan harapan dan berhasil menambah loyalitas pelanggan-pelanggan yang masuk pada kualifikasi untuk mengikuti program loyalti tersebut.

Lalu, Kapan waktu yang tepat untuk menjalankan program loyalti kepada pelanggan?

1. Ketika retensi pelanggan lama mengalami penurunan

Ketika Anda merasa ada penurunan jumlah pembelian dari pelanggan-pelanggan lama, itu artinya Anda membutuhkan strategi baru untuk membangkitkan gairah pembelian dari pelanggan-pelanggan lama. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat program loyalti dengan syarat-syarat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sebagai contoh, untuk perbankan dapat membuat syarat penambahan tabungan, untuk retail, berdasarkan jumlah pembelian pada periode tertentu.

Program ini adalah untuk meningkatkan jumlah pembelian baru dari pelanggan lama. Jadi, fokuskan strategi Anda untuk retensi pembelian bukan untuk menambah pelanggan baru.

2. Ketika Anda membuat pengembangan produk

Ketika ada perubahan produk, Anda dapat menjalankan strategi ini untuk membuktikan bahwa pelanggan Anda tidak merasakan kendala dari pengembangan yang Anda lakukan. Jadikan garansi sebagai salah satu model strategi yang dapat Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan lama untuk memastikan agar mereka tetap menjadi pelanggan setia ketika pengembangan yang Anda lakukan tidak sesuai dengan harapan pelanggan.

3. Untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan

Memiliki pelanggan yang banyak tentu membuat perusahaan bekerja keras. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan melakukan kesalahan ketika memberikan pelayanan kepada pelanggan. Jadikan loyalti program sebagai cara untuk mengurangi kekecewaan pelanggan terhadap perusahaan agar muncul kepuasan dan pengalaman yang lebih baik.

Itulah waktu yang tepat bagi perusahaan untuk menerapkan strategi loyalti program yang dapat kami berikan. Apabila ada hal lain yang ingin Anda tambahkan, jangan ragu untuk meninggalkan tips Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com