Return to site

Yang Diperlukan Untuk Persiapan Presentasi Penjualan

· Business Blog

Dalam proses mempresentasikan produk untuk penjualan, Anda harus memahami dengan bai kapa saja yang harus dilakukan sebelum Anda berangkat untuk presentasi tersebut. Karena, persiapan ini akan membantu Anda memberikan presentasi yang lebih baik dan dapat meyakinkan prospek Anda untuk melakukan pembelian produk yang Anda tawarkan. Jika Anda mengalami kesulitan saat presentasi, maka prospek pun akan berpikir ulang untuk melakukan pembelian kepada Anda. Sebelum terlambat dan selama Anda memiliki kesempatan, maka Anda perlu mempersiapkan presentasi dengan baik dan memahami beberapa hal yang Anda perlukan berikut ini: 

1. Pemahaman tentang kondisi prospek Anda saat ini

Sebelum Anda mempresentasikan dan memberikan proposal kepada prospek impian Anda, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menjelaskan secara memadai keadaan mereka saat ini dan implikasinya. Anda harus dapat menceritakan kisah mengapa tujuan mereka perlu diubah dan solusi seperti apa yang mereka butuhkan.

2. Pandangan yang jelas tentang keadaan masa depan yang diinginkan prospek 

Anda juga membutuhkan pandangan yang jelas tentang hasil yang bisa dicapai oleh prospek di masa depan yang lebih baik yang akan Anda bantu melalui produk dan layanan yang Anda miliki. Sebagai orang yang membimbing mereka dalam perjalanan ini, Anda harus bisa menggambarkan masa depan itu dan konsekuensi positif dari perubahan.   

3. Kesepakatan tentang solusi yang tepat 

Dalam proses presentasi, hal pertama kali yang ingin didapatkan oleh prospek adalah solusi yang akan mereka dapatkan, bukan presentasi atau proposal Anda berikan saja. Anda harus sudah memiliki gambaran tentang seperti apa solusi yang tepat untuk mereka dengan presentasi dan proposal yang mengkodifikasi apa yang sebelumnya Anda sepakati untuk dilakukan bersama dengan prospek.

4. Rencana dan gambaran masa depan yang diinginkan

Bagaimana Anda akan melaksanakan rencana ini bersama-sama dengan prospek? Apa proyek dan tugas penting untuk mencapai masa depan yang lebih baik dengan produk/layanan Anda? Pencapaian apa yang akan Anda gunakan sebagai penanda dalam perjalanan Anda menuju hasil yang lebih baik? Pertanyaan-pertanyaan ini wajib Anda temukan jawabannya sebelum memulai presentasi. Karena, prospek memikirkan masa depannya, maka Anda harus memiliki gambaran dan yakin dapat membawa masa depan yang lebih baik.

5. Investasi yang tepat untuk memberikan hasil bagi prospek

Jika Anda menginginkan kesepakatan untuk dengan prospek, maka Anda harus memahami tentang apa yang akan menjadi investasi bagi prospek sebelum Anda memberikannya kepada prospek. Pada akhirnya, anda harus bisa membuat prospek merasa bahwa apa yang Anda berikan adalah yang paling tepat untuk dirinya setelah presentasi yang Anda berikan selesai.

6. Komitmen untuk berinvestasi, meninjau, dan solusi

Yang terakhir, Anda perlu membicarakan tentang investasi yang diperlukan, meninjau solusinya, dan telah menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin menyebabkan prospek Anda ragu-ragu untuk mengambil keputusan. Anda harus bisa menumbuhkan komitmen melalui presentasi, prospek dapat meninjau presentasi Anda dan menemukan solusi melalui presentasi tersebut. Saat itulah prospek merasa telah menemukan yang terbaik untuk mereka pilih.