Return to site

Yang Harus Dilakukan Agar Kampanye Marketing Sukses

Trik kampanye produk & brand

· Tips Marketing

Menjalankan kampanye marketing yang sukses membutuhkan strategi yang berbasis data. Jika Anda merupakan pengguna platform CRM, tentu Anda sudah memiliki modal lebih untuk menentukan strategi kampanye marketing yang tepat untuk bisnis. Namun, modal saja tidak cukup untuk menghasilkan kampanye marketing yang baik, Anda harus siap melakukan beberapa hal ini agar kampanye marketing berhasil sesuai yang diharapkan.

1. Ketahui apa tujuan Anda

Tim marketing tentu memiliki sumber daya yang terbatas, tingkat kreativitas seseorang terkadang masih kurang untuk menghasilkan kampanye yang baik. Dari sini, Anda harus memahami apa yang menjadi tujuan utama kampanye. Dengan tujuan yang spesifik dapat memberikan efek positif untuk bisnis Anda.

Jadi, sebelum Anda membuat kampanye marketing, awali dengan mencari tahu tujuan utama dari kampanye dan dampak apa saja yang akan dihasilkan dari kampanye tersebut. Di sini, peran penting CRM akan membantu Anda dalam mencatatkan semua data kampanye yang sudah Anda lakukan untuk menemukan target-target yang lebih rinci untuk mengembangkan pemasaran yang baik.

2. Menetapkan target audiens sebelum Anda menjalankan kampanye

Audiens kampanye seperti apa yang ingin Anda capai, apakah ingin menambahkan pelanggan baru, ingin menguasai pasar baru, ingin mengembangkan fokus pada pasar yang dimiliki atau untuk menargetkan penjualan-penjualan baru yang dihasilkan dari pelanggan lama.

Ini merupakan bagian penting yang harus dimiliki oleh marketer sebelum benar-benar menjalankan kampanye. Jika tidak ada target spesifik yang ingin Anda capai, tentu Anda hanya membuat konten kampanye yang tidak relevan dengan tujuan perusahaan.

Karena kampanye adalah untuk meningkatkan kesadaran prospek/pelanggan terhadap brand/perusahaan maupun produk, maka Anda harus menetapkan target kinerja kampanye yang sesuai/relevan dengan target yang diharapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus menentukan target audiens ini sebelum menjalankan kampanye bisnis.

3. Bagaimana mengukur tingkat keberhasilan kampanye

Tujuan menjalankan kampanye sudah jelas, target audiens juga sudah ditetapkan, hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalankan kampanye adalah bagaimana cara Anda mengukur tingkat keberhasilan dari kampanye tersebut. Data hasil kampanye ini sangat penting untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran Anda di masa yang akan datang. Sehingga, Anda harus benar-benar memiliki titik penting untuk mengumpulkan data kampanye agar dapat mengukur hasil dengan benar dan akurat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com