Return to site

2 Hal Yang Harus Anda Lakukan Setelah Mencapai Penjualan

Jangan melewatkan dua poin ini jika menghasilkan penjualan!

· Tips Sales

Setelah sales menghasikan penjualan, terkadang mereka terlalu senang dengan apa yang didapatkan. Akibatnya, mereka melupakan pelanggan baru yang sudah melakukan pembelian tersebut. Kejadian seperti ini merupakan kesalahan fatal yang terjadi pada saat mencapai penjuaan baru. Untuk itu, Anda harus bisa mengatasi masalah ini. Ketika kesalahan seperti ini terus Anda abaikan, maka potensi pelanggan ini merasa kecewa terhadap pelayanan awal Anda.

Ketika penjualan terjadi, bukan berarti hubungan dengan pelanggan sudah berakhir. Artinya, apa yang Anda tunjukkan selama ia menjadi prospek harus tetap Anda jaga. Apabila Anda mengubah pelayanan, maka itu menunjukkan bahwa sudah ada penurunan cara yang Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Pelanggan yang awalnya ingin melakukan tambahan pembelian pun dapat menunda keinginan tersebut hanya karena melihat adanya perbedaan pelayanan yang Anda tunjukkan setelah penjualan terjadi. Untuk menghindari kekecewaan yang berlanjut terhadap pelanggan-pelanggan Anda.  Ada dua hal yang harus Anda pertahankan setelah tercapai penjualan.

1. Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan

Ini bukan tentang ucapan terima kasih secara otomatis yang diberikan kepada pelanggan melalui website. Tetapi, bentuk terima kasih yang Anda ucapkan secara verbal setelah pengiriman produk/implementasi layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Memberikan ucapan verbal ini menunjukkan keseriusan Anda terhadap pelanggan dan layanan. Jika hanya sekedar ucapan terima kasih melalui website yang dikirimkan otomatis, itu tidak menjadi tolok ukur kepuasan pelanggan.

2. Menjaga komunikasi dan hubungan

Setelah penjualan terjadi, jangan hanya menunggu pelanggan menghubungi Anda kembali. Anda juga perlu menambah kesan yang lebih baik kepda pelanggan dengan terus menjaga komunikasi dan hubungan dengan pelanggan. Melalui hubungan dan komunikasi yang baik ini Anda akan mendapatkan lebih banyak potensi untuk menghasilkan retensi pembelian dari pelanggan. Tak hanya itu, loyalitas pelanggan Anda akan lebih meningkat jika Anda selalu menjaga komunikasi dan hubungan dengan mereka.

Itulah dua hal yang harus Anda lakukan setelah berhasil mencapai penjualan. Ingin menjaga hubungan dengan pelanggan yang lebih baik? Mulailah untuk mengimplementasikan sistem CRM untuk bisnis Anda. Sales1 merupakan sistem CRM berbasis cloud yang dapat digunakan oleh tim Anda secara mobile di mana pun, kapan pun dengan bermodalkan smartphone mereka. Info lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com