Return to site

3 Alasan Mengapa Sales Harus Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan Sebaik Mungkin!

· Sales

Tenaga penjual/sales yang hebat mengerti bahwa pekerjaan mereka bukan hanya tentang melakukan penjualan. Mereka perlu mendatangkan pelanggan secara konsisten, menumbuhkan loyalitas, dan memberikan pengalaman yang luar biasa. Ini membutuhkan sales untuk mendedikasikan waktu dan upaya dalam membangun hubungan sales dengan pelanggan.

Hubungan sales dengan pelanggan membangun pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan dalam jumlah penjualan karena memberikan momentum kepada pelanggan tersebut. Mereka membentuk hubungan dengan perusahaan, yang mendorong respons emosional dan pada akhirnya menciptakan lebih banyak pengeluaran yang dilakukan oleh pelanggan untuk membeli produk dari perusahaan melalui tim sales.

Cara Membangun dan Memelihara Hubungan Pelanggan

Sebagian dari membangun hubungan pelanggan dimulai dengan pemasaran. Salesman jarang menjadi interaksi pertama bagi calon pelanggan. Mereka mungkin pernah melihat iklan, membaca sekilas blog, dan membaca ulasan.

1. Personalisasi Interaksi Pelanggan

Personalisasi interaksi pelanggan memberi ruang untuk pengalaman di atas dan di luar yang ingin Anda lihat dari tim sales. Dengan menggunakan CRM, Anda dapat memantau dengan cermat interaksi pelanggan di masa lalu dan melihat masalah atau kekhawatiran apa yang mereka utarakan dari waktu ke waktu. Gunakan informasi ini untuk terhubung dengan pelanggan. Tanyakan kepada mereka bagaimana resolusinya dan apakah mereka mendengar tentang pembaruan yang memengaruhi masalah tertentu.

2. Membuat Nilai Lebih Untuk Pelanggan

Sebagai tenaga sales, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan nilai baru dengan setiap interaksi. Perusahaan dapat mengambil inisiatif dan menciptakan komunitas untuk pelanggan mereka dan mendidik pelanggan melalui berbagi pengetahuan. Ketika berbicara tentang apa yang dapat dilakukan oleh seorang sales, Anda harus sedikit kreatif. Salesman adalah pemecah masalah dan guru yang tidak dikenal. Ketika Anda dapat memecahkan masalah pelanggan secara kreatif dan melakukannya dengan cepat, Anda dapat membina hubungan pelanggan jangka panjang. Orang-orang mulai menerima bahwa Anda bukan hanya seorang sales, tetapi juga sumber daya yang andal dan berharga, yang akan membantu membangun hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan untuk membeli produk dan layanan dari Anda.

Apa yang Perlu Anda Lakukan untuk Memperbaiki Hubungan Pelanggan yang Rusak

Unggul dalam membangun hubungan penjualan berarti Anda tidak hanya perlu tahu bagaimana membangun hubungan yang kuat ini, tetapi juga bagaimana memperbaikinya. Hubungan pelanggan yang rusak bukan hanya membuat satu pelanggan yang hilang. Anda mungkin pernah mendengar orang yang menolak makan di restoran tertentu karena satu pengalaman buruk berakibat pada banyak orang yang ikut percaya dengan ulasan dari pelanggan yang tidak puas tersebut dan membuat penjualan restoran tersebut menurun. Hal ini terjadi karena, satu pelanggan yang tidak puas dan mendapatkan pengalaman buruk, memberi tahu semua orang tentang satu pengalaman buruk tersebut. Hubungan pelanggan yang rusak adalah kerugian serius dan harus segera diperbaiki.