Return to site

3 Alasan Mengapa Salesperson Perlu Memperluas Jaringan Bisnis

Jangan pernah merasa bisa menjual tanpa harus melebarkan jaringan!

· Tips Sales

Ingin meningkatkan potensi penjualan yang lebih baik? Anda harus memulainya dengan meningkatkan kualitas jaringan yang Anda miliki. Karena, jaringan bisnis Anda merupakan bagian penting untuk mendapatkan lead yang berkualitas. Ketika Anda memiliki jaringan bisnis yang lebih luas, tentu Anda dapat mengenali masing-masing profil dan kebutuhan apa saja yang mereka butuhkan. Selain dapat mengenal secara personal, Anda juga dapat mengenal bisnis dari jaringan Anda tersebut.

Jika berbicara tentang bisnis dari jaringan Anda, tentu hal yang dapat ambil dari jaringan tersebut adalah potensi untuk menjadikan bisnis jaringan Anda sebagai salah satu pelanggan Anda. Mengapa Anda harus bisa memperluas jaringan bisnis? Ini alasannya!

1. Mempelajari tingkat kebutuhan pasar

Selain menentukan tingkat kebutuhan pasar dari hasil analisa data penjualan yang didapatkan sebelumnya, Anda juga dapapt menganalisa kebutuhan pasar berdasarkan jaringan bisnis yang Anda miliki. Hal ini tidak terlepas dari adanya komunikasi yang terjadi dari semua orang dalam jaringan Anda tentang topik-topik tertentu yang bisa saja satu dari topik tersebut berhubungan dengan produk dan bisnis perusahaan Anda bekerja.

2. Jaringan meningkatkan penjualan

Seperti yang kami sebutkan, jaringan meningkatkan potensi penjualan. Namun, bukan hanya potensi saja, semakin banyak orang dari jaringan Anda yang mengenal bisnis dan produk yang Anda tawarkan, tentu mereka akan mengarahkan rekan-rekannya untuk menghubungi Anda. Atau, ketika ada orang yang belum terlalu Anda kenal, tetapi membutuhkan produk seperti yang Anda miliki, maka Anda sudah menemukan lead berkualitas yang dapat Anda hubungi.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Dengan jaringan, Anda dapat meningkatkan kemampuan komunikasi Anda baik secara lisan maupun melalui teks. Komunikasi secara lisan dan teks sangat penting untuk Anda jadikan bekal guna meningkatkan kepercayaan prospek. Dari komunikasi inilah prospek akan menilai apakah Anda benar-benar memahami produk yang Anda jual atau tidak.

Kesimpulan:

Jaringan bisnis dapat menjadi awal kesuksesan Anda dalam menemukan dan memahami lead. Semakin besar jaringan bisnis yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang yang bisa Anda dapat. Akan tetapi, syarat utama untuk meningkatkan peluang penjualan atau menemukan leads berkualitas adalah dengan memperhatikan relevansi dari jaringan yang Anda miliki dengan bisnis/produk yang ingin Anda tawarkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com