Return to site

3 Cara Efektif Manajemen Waktu Untuk Sales & Marketing

Cara mengatur waktu agar lebih produktif

Manajemen waktu yang efektif merupakan salah satu kunci bagi Anda untuk sukses dalam meningkatkan produktivitas dan peluang meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rutinitas Anda sebagai seorang sales maupun marketing untuk mengatur waktu kerja Anda lebih baik.

 

1. Menjadwalkan prospek berdasarkan zona

Waktu Anda untuk melakukan pertemuan dengan prospek tentu akan sangat berharga. Ketika Anda melakukan keterlambatan, peluang Anda untuk mencapai closing deal pun akan semakin tertutup. Untuk itu, pastikan Anda memiliki jadwal yang rapih setiap harinya dengan mengatur jadwal meeting berdasarkan zona dimana prospek Anda berada. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi waktu Anda di jalan. Contoh, Senin Anda fokus meeting untuk zona pelanggan Jakarta Timur, Selasa fokus pada prospek di Jakarta Utara.

 

2. Jadwal waktu administratif

Jika Anda ingin produktivitas penjualan Anda meningkat, maka Anda harus mengurangi waktu administratif Anda di kantor. Jangan sampai hanya karena satu kesalahan membuat Anda merubah jadwal meeting dengan prospek. Manfaatkan teknologi yang sudah Ada untuk mengurangi administratif. Contoh untuk laporan kerja Anda dapat memanfaatkan CRM, untuk mencari dokumen prospek Anda dapat menggunakan email atau CRM, penawaran dan lain sebagainya juga dapat Anda permudah dengan menggunakan cloud based CRM. Jika ada keperluan meeting dengan perusahaan buatlah jadwal meeting di kantor yang singkat atau jadwalkan hari khusus untuk meeting di kantor agar tidak terbentur dengan jadwal meeting dengan pelanggan. Contoh meeting dikantor dilakukan setiap hari Jum’at atau dilakukan setiap dua minggu sekali dengan hari yang sudah ditentukan.

 

3. Lakukan pengecekan email secara berkala

Mungkin, kecepatan dalam merespon email sangat diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan prospek. Tetapi, Anda tidak harus membuka setiap email ketika Anda melihat notifikasi email baru pada smartphone Anda. Buatlah jadwal berkala untuk melakukan pengecekan email misal setiap pagi, siang dan sore sebelum pulang kerja. Buatlah auto respon jika diperlukan tambahkan informasi kapan Anda akan membalas email prospek.

 

Itulah tiga hal sederhana yang dapat meningkatkan produktivitas untuk mengelola waktu yang Anda miliki. Bagaimana dengan Anda? Tips mana yang menurut Anda paling relevan untuk meningkatkan efektivitas dalam menajemen waktu? Silakan tinggalkan komentar Anda untuk menjawab!

Ilustrasi (c) Unsplash.com