Return to site

3 Cara Mengetahui Ciri-Ciri Pelanggan Ideal

Memilih pelanggan ideal untuk meningkatkan penjualan

· Tips Sales

Setiap sales yang ingin menentukan siapa pelanggan ideal yang seharusnya mendapatkan perhatian maksimal adalah dengan fokus pada bagaimana perusahaan melakukan identifikasi. Dalam identifikasi ini, perusahaan membutuhkan sumber daya yang mumpuni agar benar-benar memasukkan pelanggan yang sesuai dengan profil yang diinginkan. Bukan hanya sales yang bertanggung jawab untuk mencari pelanggan ideal. Tetapi, dari sisi tim marketing pun memiliki kewajiban yang sama. Ia harus bisa menemukan ciri-ciri atau profil lead yang berpotensi menjadi prospek berkualitas dan juga berpotensi menjadi pelanggan yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

 

Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki strategi yang dapat mendukung tim marketing dan tim sales untuk menemukan pelanggan ideal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengetahui metrik apa saja yang harus diperhatikan. Apabila perusahaan menentukan metrik yang tepat untuk menemukan dan mengidentifikasi pelanggan ideal, tentu akan lebih mudah bagi tim sales menemukan mereka. Untuk memudahkan perusahaan dalam menentukan metrik pelanggan ideal adalah dengan beberapa poin berikut ini!

 

1. Tingkat konversi yang selalu mengalami pertumbuhan

Pelanggan ideal tentu memiliki tingkat kebutuhan berkelanjutan yang dapat memberikan peran besar terhadap penjualan. Jika pelanggan hanya membeli 1-2 kali dalam 1 tahun dan pembeliannya kecil, untuk sementara, pelanggan ini belum bisa dimasukkan dalam daftar pelanggan ideal. Kecuali produk Anda menjadi produk yang memang mengharuskan pelanggan cukup membeli 1-2 kali. Untuk kategori pelanggan ideal adalah, mereka yang memiliki tingkat konversi yang selalu mengalami pertumbuhan. Contoh, dalam 1 bulan pertama pembelian dilakukan 1 kali, selanjutnya menjadi 2 kali dan beberapa bulan selanjutnya mencapai penjualan 8 kali yang sudah tumbuh 2 kali dari sebelumnya. Pertumbuhan transaksi seperti inilah yang dapat Anda jadikan pelanggan ideal.

 

2. Kecepatan dalam mencapai penjualan

Proses yang awalnya membutuhkan penjualan dengan waktu minimum 1 bulan, dapat ditempuh menjadi 20 hari. Artinya, pelanggan membutuhkan proses yang lebih cepat dari Anda untuk mendukung menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Jika setiap proses, semakin membutuhkan waktu yang lebih pendek dan tanpa negosiasi berbelit, itu artinya ada kecocokan yang dirasakan oeh pelanggan. Mereka inilah yang dapat Anda masukkan pada kategori pelanggan ideal.

 

3. Tidak mengalami gesekan dengan pelanggan

Gesekan adalah situasi di mana pelanggan ingin mengatur perusahaan sedangkan perusahaan tidak ingin diatur oleh pelanggan. Pemberian saran dari perusahaan pun tidak diindahkan oleh pelanggan begitu juga sebaliknya. Jika antara Anda dan pelanggan mengalami sedikit gesekan seperti ini, itu artinya profil pelanggan ini adalah profil pelanggan ideal untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly