Return to site

3 Cara Meningkatkan Pendapatan Dari Pelanggan Lama

Strategi menarik pelanggan untuk belanja lebih banyak

· Tips Sales

Salah satu faktor untuk meningkatkan pendapatan/revenue perusahaan adalah dengan memaksimalkan penjualan dari pelanggan yang sudah ada. Akan tetapi, kebanyakan dari perusahaan masih fokus pada upaya dalam meningkatkan penjualan untuk pelanggan-pelanggan baru yang sebenarnya dapat berakibat pada semakin banyaknya waktu yang diperlukan untuk menghasilkan penjualan.

Jika Anda ingin memperbaiki cara Anda dalam menawarkan produk kepada pelanggan lama Anda untuk meningkatkan pendapatan Anda, berikut adalah beberapa cara mudah namun efektif untuk memaksimalkan pendapatan dari pelanggan lama atau existing customer.

1. Tingkatkan rata-rata transaksi

Setiap pelanggan memiliki peluang untuk membeli lebih jika Anda menerapkan strategi yang benar. Contoh, ketika Anda berbelanja di minimarket, pasti Anda sering ditawari pembelian diskon dengan bermacam-macam model seperti tebus murah, diskon dengan minimum pembelian atau menawarkan produk lain seperti pembayaran tagihan listrik, asuransi atau pulsa.

Metode tersebut merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan rata-rata transaksi dari pelanggan tersebut. Apakah benar produk yang Anda beli tersebut benar-benar diskon? Kemungkinan tidak, karena mereka berhasil menarik pendapatan dari hasil penjualan produk lain yang telah Anda beli.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan rata-rata transaksi, Anda dapat memanfaatkan cara cross-selling dan up-selling. Seperti strategi yang diterapkan oleh minimarket tersebut.

2. Personalisasikan layanan pelanggan Anda

Menurut penelitian dari Media Post, 71% pelanggan memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan perusahaan yang memiliki layanan pelanggan buruk. Dari hasil tersebut dikemukakan pula bahwa 71% pelanggan mengatakan bahwa pengalaman yang paling memuaskan adalah ketika menghadapi perwakilan perusahaan yang mampu berkomunikasi dengan baik dan kompeten.

Pelanggan juga akan mudah mengingat nama perusahaan Anda ketika mereka mendapatkan layanan yang baik dari perusahaan. Bahkan, berdasarkan riset, aktivitas otak pelanggan akan lebih bersemangat ketika mendapatkan layanan yang baik dari perusahaan dan mudah mengingat nama perusahaan yang mampu membuat pelanggan lebih loyal kepada perusahaan tersebut. Selain itu, pelanggan akan dengan mudah menerima penawaran dari perusahaan yang memberikan pelayanan prima tersebut.

3. Memberikan kejutan dan membuat pelanggan senang

Memberikan sedikit hadiah kecil kepada pelanggan merupakan salah satu cara sederhana untuk meningkatkan pendapatan Anda dari pelanggan-pelanggan lama Anda. Sema orang menyukai kejutan, hadiah kecil yang diterima oleh pelanggan dapat memberikan respon positif untuk terus membeli/menggunakan produk Anda.

Ilustrasi (c) Sales1CRM.com