Return to site

3 Cara Terbaik Untuk Menghemat Waktu Sales Representatif

Cara menghemat waktu sales dalam bekerja

· Tips,sales,Business Blog
3 Cara Terbaik Untuk Menghemat Waktu Sales Representatif

Sebagai seorang sales, entah itu sales manager atau sales representatif pasti paham betul bagaimana tugas-tugas yang harus dikerjakan. Jika dalam artikel-artikel sebelumnya kami memberikan masukan untuk sales manager, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips untuk sales representatif.

Sebagai seorang sales yang bertanggung jawap pada penjualan dan pengenalan produk, menjaga hubungan dengan pelanggan, membuat laporan kinerja hingga mencari pelanggan baru, sales representatif memiliki tugas besar yang pasti menghabiskan banyak waktu.

Untuk mengatasi problematika tersebut, sebenarnya ada cara-cara efektif yang dapat menghemat waktu dan tenaga sales representatif saat bekerja. Berikut adalah cara terbaik untuk menghemat waktu sales representatif dalam menjalankan tugasnya.

1. Bawa prospek datang kepada Anda

Ketika Anda sudah melakukan diskusi dengan prospek, Anda sudah berhasil menumbuhkan kepercayaan dari mereka, tugas Anda selanjutnya bukan lagi untuk menghampiri mereka, mengirimkan email, menelpon dan lain sebagainya. Melainkan, tugas Anda ialah dengan membuat mereka semakin yakin kepada Anda. Menumbuhkan rasa penasaran dengan produk atau layanan yang telah Anda tawarkan. Jika ada indikasi akan melakukan pembelian, bukan tidak mungkin jika prospek tersebut datang ke kantor Anda untuk berdiskusi lebih lanjut. Proses seperti ini ibarat bisnis software yang kebanyakan memberikan fasilitas uji coba. Ketika mereka puas dengan software tersebut, Anda tidak perlu menawarkan lagi, mereka akan datang kepada Anda dan meminta penawaran untuk versi penuh.

2. Berhenti menghabiskan waktu tanpa memiliki target

Apakah Anda menghabiskan waktu untuk melakukan telepon secara acak untuk menemukan pelanggan? Atau Anda suka mengirimkan email dengan isi yang sama dan hanya merubah nama untuk menawarkan produk? Sampai kapan cara tersebut akan Anda jalankan?

Dalam bukunya, Mike Weinberg mengatakan, untuk mengejar prospek berkualitas, diperlukan daftar target yang terfokus dan dapat berjalan dengan baik. Sebelum melakukan panggilan secara random, Anda dapat bertanya “siapa” dan “mengapa” untuk membantu mengidentifikasi target Anda.

3. Mengimplementasikan CRM

Dengan menggunakan CRM, semua panggilan masuk, email, interaksi dan data secara otomatis akan terekam dalam satu aplikasi. Anda juga dapat mengatur irama dan media komunikasi dengan prospek yang dimiliki. Jangan lupa untuk melibatkan prospek Anda disaat mereka merasa ingin dilibatkan. Entah melalui telepon, email, pesan atau pun melalui media sosial.

Jangan menyia-nyiakan waktu Anda hanya untuk mencari-cari informasi tentang prospek yang sebenarnya sudah pernah Anda layani karena lupa atau hilang. Dengan satu aplikasi, data dapat dibuka oleh semua tim sales untuk melihat semua proses yang telah dilakukan oleh sales representatif lainnya.

Apakah Anda punya cara lain untuk menghemat waktu bagi seorang sales representatif? Silakan tinggalkan komentar Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com