Return to site

3 Cara Untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis

Hal-hal yang mendukung bisnis Anda

· Tips Sales

Mengembangkan bisnis merupakan tugas berat bagi pemilik bisnis atau pun sales dan marketing. Karena, pertumbuhan bisnis mengharuskan tim sales dan marketing berhadapan dengan persaingan terbuka dengan kompetitor dan juga dihadapkan dengan upaya keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan-pelanggannya.

Lalu, bagaimana cara agar pelaku bisnis maupun tim sales dan marketing dapat membawa hasil penjualan yang baik agar dapat menjaga perusahaan berada pada jalur yang benar untuk tumbuh? Berikut adalah beberapa tipsnya untuk Anda.

1. Inisiatif dalam menciptakan pemasaran dengan penawaran win win solution

Setiap audiens, lead dan prospek sudah kebal dengan macam-macam iklan yang ia lihat setiap hari. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis, sales maupun tim marketing wajib untuk menciptakan penawaran yang saling menguntungkan (win win solution) kepada prospek. Karena ini merupakan satu-satunya nilai yang akan diberikan oleh prospek terhadap produk Anda. Jika Anda hanya fokus pada penjualan sendiri dan melupakan prospek, itu artinya Anda telah egois dan susah untuk dijadikan partner jangka panjang.

2. Efiensi proses penjualan

Ada kalanya proses penjualan membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk bisa dicapai dalam penjualan. Lamanya proses tersebut membuat upaya pembelian dari pelanggan mengalami penundaan atau bahkan menghabiskan waktu untuk menjalankan satu proses.

3. Inisiatif untuk menjaga kualitas layanan pelanggan

Keberhasilan perusahaan bergantung pada tingkat keberhasilannya dalam menjaga kualitas layanannya terhadap pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Semakin baik kualitas layanan, pelanggan akan semakin loyal. Bahkan mereka tidak akan pernah ragu untuk meningkatkan jumlah pesanan di masa depan.

Kesimpulan:

Ingat, perusahaan ingin tumbuh, maka ia harus memperhatikan pelanggan-pelanggannya. Perusahaan membutuhkan pelanggan, sedangkan pelanggan membutuhkan kualitas produk dan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan. Jangan hanya memikirkan penjualan, tetapi Anda sama sekali tidak pernah memikirkan layanan pasca-jual kepada prospek.

Seimbangkan kualitas produk, layanan, pelanggan dan pertumbuhan bisnis dengan mulai menjaga kualitas data perusahaan. Implementasikan Customer Relationship Management (CRM) sebagai sarana dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan mengambil keputusan untuk mengatur strategi yang mendukung pertumbuhan bisnis.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK