Return to site

3 Cara Untuk Mengembangkan Bisnis

· Tips Bisnis

Perlu Anda ingat, setiap kali Anda ingin menawarkan produk kepada pelanggan, maka Anda harus ingat siapa mereka dan posisi mereka untuk bisnis Anda. Pelanggan yang Anda miliki akan terus menginvestasikan waktu dan uang yang mereka miliki untuk mengidentifikasi setiap produk yang Anda berikan untuk mereka. Mereka juga akan menilai bagaimana cara Anda dalam menjaga kualitas produk dan layanan yang Anda berikan kepada mereka. Karena dari sini pula mereka akan mengambil keputusan untuk terus melakukan pembelian kepada Anda atau berhenti setelah pembelian pertama maupun setelah beberapa pembelian yang mereka lakukan. Jika Anda ingin memiliki bisnis yang dapat dipercaya oleh pelanggan dan untuk membawa bisnis Anda lebih mudah untuk berkembang, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Feedback pelanggan

Anda tidak dapat menilai produk Anda bagus, jika pelanggan tidak pernah merasa puas dengan produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, Anda membutuhkan suara atau umpan balik dari pelanggan-pelanggan Anda. Artinya, Anda perlu memahami dari perspektif luar mulai dari pengalaman pelanggan, karakteristik pelanggan, pengembangan yang diinginkan oleh pelanggan dan sebagainya. Ketika Anda berhasil menjadikan feedback dari pelanggan sebagai tolok ukur untuk menentukan tujuan dalam menjalankan bisnis, maka Anda akan lebih mudah untuk menyediakan produk/layanan yang benar-benar sesuai dengan pelanggan.

2. Penentuan posisi pasar dan produk

Lanskap dalam persaingan bisnis terus berubah, karena banyak kompetitor yang mengubah cara mereka dalam menjalankan bisnis, bahkan Sebagian dari mereka juga keluar dari pasar, atau mengubah model bisnis. Selalu memperhatikan semua pemangku kepentingan dalam bisnis Anda, mulai dari teknik dan pengembangan produk hingga pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan untuk menentukan proposisi nilai unik Anda. Kemudian, menyatukan masukan internal dengan masukan dari pelanggan untuk mendapatkan key point untuk menyeleraskan semuanya dalam strategi dan perencanaan bisnis Anda.

3. Branding

Merek yang Anda miliki harus bisa menonjolkan produk dan kualitas dan mampu menceritakan kisah bisnis Anda. Pastikan Anda dapat mengingatkan merek Anda di setiap kontak dengan pelanggan dan orang-orang Anda baik yang dilakukan secara langsung maupun yang dilakukan secara tidak langsung. Karena melalui branding ini akan memudahkan pelanggan untuk menemukan solusi atas apa yang mereka butuhkan untuk kebutuhan secara personal maupun untuk bisnis yang mereka jalankan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com