Return to site

3 Cara Untuk Meningkatkan Produktivitas Sales

Bekerja lebih semangat untuk penjualan yang lebih baik!

· Tips Sales

Menjaga produktivitas merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Karena, dalam usaha setiap salesperson memiliki banyak hal yang dapat meningkatkan emosi. Seperti, terjebak kemacetan, prospek membatalkan pesanan, rencana meeting ditunda setelah sales berangkat dan lain sebagainya. Kondisi-kondisi tersebut, akan membawa efek negatif bagi sales. Efek negatif tersebut adalah malas untuk bekerja karena ia merasa pekerjaannya hanya membuang waktu.

Perlu Anda ketahui, khususnya bagi salesperson newbie, pekerjaan sebagai sales bukanlah pekerjaan yang membuang waktu. Pekerjaan sales merupakan inti dari seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh semua orang.

Oleh karena itu, menjadi sales dituntut untuk bekerja produktif, menjalankan strategi yang efektif dan efisien. Jika menjadi sales tidak bisa menjaga produktivitasnya, seluruh elemen dalam perusahaan pun akan goyah.

Bagaimana menjaga Anda tetap produktif sedangkan sering mengalami hal negatif saat di lapangan?

1. Jadilah sales yang menghargai waktu

Mengatur waktu adalah hal utama yang harus dilakukan oleh sales jika ingin menambah produktivitasnya. Ada banyak jadwal yang harus di susun untuk diberikan pada prospek. Jika hanya asal menyusun waktu, tetapi tidak pernah memastikan bahwa waktu tersebut tidak berbenturan dengan prospek lain, artinya ia gagal dalam menghargai waktu.

Tak hanya itu saja, ketika datang untuk meeting pun, sales harus bisa menghargai waktu yang dimiliki oleh prospek. Prospek akan suka mengubah-ubah waktu mereka jika Anda tidak pernah menghargai waktu mereka. Itulah salah satu penyebab mengapa Anda akan sering menerima penolakan dari prospek.

2. Tanamkan semangat dalam pikiran Anda

Semangat ibarat bahan bakar untuk seluruh aktivitas Anda. Tanamkan semangat pada setiap apa yang Anda kerjakan, maka semua pekerjaan Anda akan selesai tepat waktu. Ubahlah rasa malas yang Anda hadapi menjadi bahan untuk memebangkitkan semangat Anda dalam bekerja. Memang tidak mudah melakukan hal ini, tetapi Anda harus melatih diri Anda setiap hari agar terbiasa mengubah rasa malas menjadi semangat.

3. Memanfaatkan teknologi

Ada banyak teknologi yang sudah bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses dalam mencari prospek. Anda juga dapat memaksimalkan teknologi untuk mengatur jadwal dengan prospek. Anda dapat bekerja lebih cepat dengan mengurangi tugas administratif sperti membuat laporan harian, membuat laporan dan lain sebagainya. Teknologi yang dapat Anda implementasikan diantaranya adalah Sales Force Automation, Customer Relationship Management (CRM), Task Scheduler dan lain sebagainya. Dengan implementasi teknologi ini, Anda dapat bekerja lebih cepat karena dapat mengurangi pencarian atau laporan yang dapat menghabiskan banyak waktu Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com