Return to site

3 Hal Dalam Upaya Mengembangkan Diri

Cara mengubah diri untuk menjadi seorang sales yang terus berkembang

· Tips Sales

Mengembangkan diri untuk meningkatkan penjualan diperlukan usaha yang serius dari seorang leader, salesperson maupun marketer. Hasil yang didapatkan dari masing-masing individu juga berbeda-beda tergantung bagaimana cara mereka berusaha untuk mengembangkan dirinya. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah tidak ada kata cepat dalam mengembangkan diri Anda, semua kembali pada nilai keseriusan dalam diri Anda masing-masing.

Pelatihan saja tidak cukup

Pelatihan yang Anda ikuti bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan kali selama Anda menekuni karir. Tetapi, apakah Anda merasa bisa berkembang jika Anda hanya melakukan pelatihan? Tentu tidak, alasannya cukup jelas, pelatihan hanya merupakan media yang membuka wawasan Anda. Anda harus mempraktikkan sendiri ilmu yang didapatkan selama pelatihan.

Sama halnya dalam olahraga, Anda berlatih sepak bola setiap hari, tapi tidak pernah ikut bertanding, apakah akan berkembang? Tentu tidak, karena ada banyak skill baru yang bisa Anda kembangkan jika Anda bertanding. Dalam dunia sales juga demikian, jika hanya pelatihan saja, tapi tidak di eksekusi dalam pekerjaan, perkembangan diri Anda pun akan lambat.

Bagi Anda yang ingin mulai mengembangkan diri untuk menghasilkan penjualan yang baik, berikut adalah 3 hal  yang dapat Anda perhatikan untuk membantu proses pengembangan diri Anda.

1. Tulis rencana pengembangan diri Anda

Untuk memastikan Anda tidak lupa dengan target pribadi untuk karir Anda, tulislah hal-hal penting yang ingin Anda capai. Anda juga harus memahami bagian-bagian mana dalam diri Anda yang harus dikembangkan. Catat semua dalam master plan development Anda. Fokus pada hal yang paling sulit terlebih dahulu agar target selanjutnya dapat Anda raih dengan lebih ringan.

2. Jadikan semua hal yang Anda temui sebagai tempat belajar

Belajar itu tidak melulu membutuhkan guru, pelatih maupun mentor. Anda dapat belajar kapanpun dan dimanapun berada. Semua pengalaman yang Anda hadapi bisa dijadikan pelajaran tergantung bagaimana Anda mempelajarinya.

3. Mempelajari hasil yang Anda dapatkan

Anda sudah mencatat program pengembangan diri dan sudah belajar dari semua yang Anda hadapi, selanjutnya adalah mempelajari hasil pengembangan diri Anda. Tujuannya adalah mengoreksi hal-hal lain yang dapat Anda kembangkan selanjutnya dan juga untuk mengatur bagaimana untuk memecahkan masalah pengembangan yang Anda hadapi.

Itulah tips-tips untuk meningkatkan pengembangan dalam diri Anda dari kami. Jangan lupa untuk berlangganan newsletter artikel kami dengan mendaftarkan email Anda pada kolom subscribes di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com