Return to site

3 Hal Dari Blockchain Yang Sangat Berguna Untuk Bisnis

Keamanan data blockchain serta implementasinya untuk bisnis

· News

Blockchain merupakan teknologi yang saat ini tengah dikembangkan untuk banyak kepentingan bukan hanya dalam bentuk proyek pengembangan mata uang digital (crypto currency). Banyak perusahaan umum maupun perbankan yang saat ini sudah memasuki tahap pemrograman guna menyelesaikan impelementasi teknologi blockchain dengan sistem perusahaan yang sudah digunakan sebelumnya.

Jika Anda saat ini masih belum mengerti tentang manfaat dari implementasi blockchain untuk bisnis Anda, berikut adalah beberapa poin yang akan kami berikan untuk Anda jadikan sebagai pertimbangan bagi bisnis Anda di masa depan.

1. Dokumen dan rekam data

Yang paling jelas dari teknologi blockchain adalah untuk dokumen dan rekam data bisnis. Dokumen disini dapat berupa kontrak, korespondensi, kwitansi, penawaran, memo dan lain sebagainya. Dokumen-dokumen ini dapat Anda unggah dengan menggunakan blockchain yang dapat Anda akses kapan pun saat Anda menginginkan.

Menariknya, dengan teknologi blockchain, Anda dapat memastikan bahwa dokumen yang diunggah adalah dokumen yang benar-benar asli dan tidak ada modifikasi dari siapapun. Jika disederhanakan, teknologi blockchain ini diprediksi akan menjadi teknologi yang efisien untuk mengelola dokumen yang sifatnya administratif dan menjaga keamanan/mencegah terhadap perubahan data untuk kepentingan pemalsuan.

2. Riwayat transaksi

Blockchain memiliki tingkat riwayat transaksi yang lebih kompleks, namun dapat dengan mudah ditemukan. Dalam kegunaannya pada mata uang digital pertama, Bitcoin, Blockchain menjadi buku besar yang dapat diakses oleh publik dengan jelas dan menampilkan semua rekaman saat terjadi transaksi.

Validasi transaksi yang dilakukan secara otomatis dari hasil verifikasi jaringan-jaringan node memastikan transaksi tersebut benar. Setiap block mampu memperbarui salinan-salinan data yang diterima oleh block pertama dan terjadi komunikasi antara block satu dan yang lainnya menciptakan akurasi data yang sangat valid tanpa campur tangan siapa pun.

3. Manajemen stok dan kontrol kualitas layanan/produk

Inovasi teknologi blockchain ini sudah diterapkan oleh IBM sejak beberapa tahun lalu. Bahkan, IBM pun bekerja sama dengan pengembang mata uang digital Lumen untuk memaksimalkan teknologi blockchain yang dipakai. Dalam hal ini, salah satu retail terbesar Amerika menggunakan teknologi blockchain hasil pengembangan IBM untuk mengatur stok barang dan juga untuk mengontrol kualitas baik layanan maupun produk.

3 poin ini hanya sebatas poin-poin dasar yang menjadi kelebihan blockchain untuk bisnis Anda. Bagaimanapun, penerapan blockchain masih merupakan teknologi yang baru berusia 10 tahun setelah diperkenalkannya Bitcoin, tentu pengembangan-pengembangan teknologi ini akan terjadi di masa depan guna optimasi blockchain untuk bisnis.

Jadi, siapkah Anda mengimplementasikan Blockchain untuk bisnis Anda di masa depan?

Ilustrasi (c) Unsplash.com