Return to site

3 Hal Yang Akan Membuat Strategi Penjualan Anda Sia-Sia

· Tips Sales

Edukasi yang diberikan oleh pemilik bisnis maupun sales leader agar tim memahami dan menguasai cara menjual adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya harus memberikan motivasi dan pelatihan kepada tim sales, pemilik bisnis atau sales leader juga harus dapat menjadi inspirasi bagi tim sales agar mereka dapat bekerja dengan baik dari waktu ke waktu. Membawa tim agar dapat memahami dan menjalankan strategi penjualan menjadi hal pertama yang harus diberikan oleh leader. Karena, strategi yang dijalankan oleh tim sales menjadi jalan utama yang akan menghasilkan penjualan. Pemahaman tim sales terhadap hal-hal yang menggagalkan penjualan karena strategi yang tidak berjalan dengan baik merupakan bagian dari pelatihan yang harus dilakukan. Sebagai bahan pendukung untuk pelatihan terhadap tim sales yang Anda miliki, berikut adalah beberapa hal yang dapat membawa kegagalan terhadap strategi penjualan Anda:

1. Mengubah strategi tanpa alasan dan dilakukan berulang-ulang

Jangan pernah mengubah strategi penjualan secara terus-menerus (berulang) tanpa adanya alasan yang kuat untuk mengubah strategi tersebut. Daripada Anda membuat atau mengubah strategi tanpa alasan, sebaiknya Anda membuat strategi cadangan yang mana strategi ini dapat dijalankan sewaktu-waktu dan tim Anda juga akan lebih siap untuk menggunakan strategi cadangan tersebut.

2. Minimnya kebutuhan pasar akan produk

Sebaik apa strategi yang Anda buat jika produk yang Anda jual sudah tidak terlalu dibutuhkan oleh pasar, maka strategi tersebut akan gagal. Contoh sederhana, jika Anda menjual fidget spinner saat ini, apakah strategi yang sangat matang dari Anda akan meningkatkan penjualan? Tentu tidak, karena, pasar sudah tidak membutuhkan produk tersebut lagi. Sebelum Anda menyalahkan strategi, coba lakukan survei terhadap kebutuhan pasar akan produk yang Anda tawarkan terlebih dahulu.

3. Mengubah produk ke arah yang negatif

Produk Anda sudah memiliki kualitas yang baik sebelumnya, jika Anda mengubahnya ke arah yang negatif, maka strategi yang bagus tidak akan cukup untuk mendorong penjualan produk Anda. Jangan pernah mengurangi kualitas suatu produk dan layanan. Daripada Anda menurunkan kualitas, lebih baik tingkatkan kualitas produk dan layanan disertai dengan strategi menaikkan harga. Ini akan jauh lebih efektif untuk menyukseskan strategi penjualan Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa strategi penjualan Anda mengalami kegagalan dan sia-sia yang dapat kami berikan. Jangan lupa untuk terus mengikuti blog kami dengan cara mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini. Anda juga dapat berkonsultasi untuk memilih sistem CRM yang kami tawarkan dengan mengirimkan email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK