Return to site

3 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Cryptocurrency Facebook

Mengenal koin Libra dan wallet Calibra yang dikembangkan Facebook

· News

Pada 18 Juni 2019 lalu, Facebook secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan cryptocurrency yang akan menjadi salah satu metode pembayaran atau transfer semua penggunanya maupun masyarakat umum. Dalam post tersebut, mereka mengumumkan dua proyek sekaligus. Di mana, proyek pertama adalah Libra cryptocurrency dan Calibra yang merupakan wallet digital untuk Libra. Lalu, apakah ada perbedaan antara cryptocurrency yang dikembangkan oleh Facebook dengan Bitcoin? Secara proyek memang tidak ada perbedaan. Bitcoin dibuat open source, Libra pun demikian. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan perlu diketahui terkait Libra cryptocurrency ini dan mengapa berbeda dengan Bitcoin.

1. Libra tersentralisasi (centralized)

Seperti yang kami sebutkan, Libra memang terlihat ada kemiripan dengan Bitcoin. Nantinya, Anda dapat melakukan pembelian maupun transfer mata uang dengan cara yang lebih sederhana dengan menggunakan Calibra sebagai wallet. Namun, perbedaan terpenting pada Libra adalah koin ini merupakan koin yang tersentralisasi. Artinya ada pihak yang mengatur nilai mata uang digital. Sedangkan koin-koin lain seperti Bitcoin, Ethereum, Waves dan lainnya merupakan koin yang tidak tersentralisasi (decentralized) yang mana tidak ada pihak yang mengatur nilai mata uang ini baik dalam pembagian hasil mining, mengatur harga dan mengatur suplai di pasar.

Meskipun Libra lebih diatur tidak seperti Bitcoin, Libra menawarkan kecepatan transaksi yang lebih baik daripada Bitcoin. Akan tetapi, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kecepatan tersebut. Apakah akan memiliki kecepatan selayaknya Stellar (XLM) yang dapat diterima oleh penerima dalam kurun kurang dari 1-10 menit atau Libra akan mengembangkan waktu transfer yang lebih baik dari koin-koin dengan kecepatan transaksi lainnya.

2. Libra merupakan stablecoin

Stablecoin adalah mata uang digital yang dikembangkan dengan menjadikan nilai pasti. Libra bukanlah stablecoin pertama yang ada dalam pasar cryptocurrency, sebelumnya sudah ada USDT, USDC, PAX dimana satuan mereka sama dengan USD1. Namun, yang menarik adalah, Libra akan memiliki nilai yang sama dengan fiat negara dimana pengguna mengirim atau menerima mata uang tersebut.

3. Libra & Calibra bekerja independen

Meskipun Libra & Calibra merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan Facebook, Libra dan Calibra tidak serta-merta akan membagikan informasi pengguna kepada sistem Facebook maupun WhatsApp. Contoh, ketika Anda melakukan pembelian anggap saja baju dengan Calibra, pembelian tersebut tidak akan dikirimkan kepada sistem Facebook yang kemudian dikonversi untuk mendapatkan iklan-iklan baju pada akun Facebook Anda.

Apakah Anda cukup penasaran dengan proyek Facebook ini? Silakan kunjungi https://libra.org dan https://calibra.com

Ilustrasi (c) knowledge.wharton.upenn.edu

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly