Return to site

3 Manfaat Memantau Statistik Performa Tim Sales

Memperbaiki tim sales dengan melihat dan memanfaatkan data performa tim

· Leadership

Memantau statistik performa tim sales dapat menjadi salah satu hal yang membutuhkan waktu dalam kegiatan internal. Namun, tidak memantau performa tim dalam bekerja dapat berimbas pada ketidaktahuan leader terhadap perkembangan maupun penurunan tim. Bagi masing-masing salesperson sendiri pun juga demikian. Jika ia tidak mampu memantau/memonitor statistik performanya, ia tidak akan bisa menemukan hal-hal yang perlu perubahan dalam dirinya. Inilah mengapa, semua perusahaan wajib meminta tim sales untuk selalu memantau setiap performanya dengan analisa data statsitik pencapaiannya secara berkala. Jika perusahaan berhasil memantau performa tim sales atau salesperson dapat memantau performa pribadinya dengan baik, berikut adalah beberapa hal yang didapat.

1. Lebih memahami game dalam melayani prospek

Melayani prospek ibarat sebuah permainan/game yang kita mainkan sehari-hari saat sedang ada waktu luang. Bedanya, dalam game ini salesperson harus memahami bahwa jumlah prospek bukanlah poin yang harus dicapai. Melainkan tingkat penjualan yang dihasilkan dari proses tersebut. Contoh, salesperson dengan 100 prospek bukan berarti memenangkan permainan jika hanya mencapai 10 closing. Dengan statistik, salesperson dapat memahami kinerjanya selama ini. Berapa banyak penjualan yang berhasil ia capai dan dapat membandingkan jumlah prospek yang didapat untuk mencapai penjualan tersebut. Jika jumlah prospek semakin berkurang, namun tingkat penjualan lebih meningkat, itu artinya sales tersebut menunjukkan statistik pertumbuhan penjualan.

2. Menjadi bahan pendukung untuk melakukan peningkatan

Statistik yang dapat diukur dan dinilai dengan baik dapat menjadi salah satu bahan pendukung untuk meningkatkan kemampuan dalam menjual, meningkatkan efisiensi strategi, meningkatkan kualitas pelanggan dan lain sebagainya. Jika tim sales tidak mampu melihat statistik pertumbuhan dirinya, tentu ia juga sulit untuk melakukan peningkatan.

3. Memudahkan leader untuk memberikan pelatihan

Jika sales leader memiliki statistik performa tim, ia akan lebih mudah untuk mengarahkan pelatihan terhadap masing-masing anggota tim. Karena, statistik tersebut dapat menunjukkan beberapa poin penting dalam proses untuk mendapatkan prospek dan proses closing. Misal, komunikasi, follow up dan lain sebagainya.

Bagaimana cara untuk memiliki statistik performa tim?

Untuk sebagian perusahaan, mereka mengandalkan metode pengumpulan dan pengolahan data statistik kinerja tim dengan cara manual berdasarkan jumlah prospek yang didapat dan jumlah penjualan yang tercipta. Namun, metode manual seperti ini tidak dapat menghasilkan data yang maksimal untuk memantau statistik performa tim. Jika Anda ingin memantau statistik performa tim sales dengan baik, segera ubah metode Anda dari manual menjadi digital menggunakan sistem CRM. Sistem CRM dari Sales1CRM memiliki fitur untuk memantau statistik seluruh anggota tim sales yang Anda miliki. Dengan pengolahan data secara real-time, Anda sebagai leader dapat dengan mudah untuk mengarahkan tim dalam bekerja baik untuk keperluan pelatihan, peningkatan kemampuan maupun untuk keperluan dalam memperbaiki kualitas pelanggan dan prospek. Cari tahu lebih lanjut bagaimana sistem CRM kami membantu Anda dalam memantau performa tim, silakan hubungi kami di (021) 3505114 atau melalui halaman contact us.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly