Return to site

3 Syarat Dalam Menciptakan Peluang Penjualan

Tidak semua peluang menurut Anda akan menghasilkan penjualan

· Tips Sales

Setiap hari seorang sales harus melakukan semua tindakan-tindakan untuk menciptakan peluang penjualan. Mereka akan mencari prospek-prospek yang dinilai memenuhi syarat untuk melakukan penjualan seperti dengan melakukan metode B.A.N.T yang artinya mencari prospek yang memiliki budget, pengambil keputusan, butuh dan waktu yang tepat. Ada juga sales yang melakukan metode-metode berbeda dimana mereka menawarkan produk kepada orang-orang yang ditemui tanpa memperhatikan kebutuhan calon pelanggannya atau yang kami sebut dengan metode penjualan/marketing buta.

 

Lalu faktor apa yang membuat peluang penjualan semakin menguat dan berhasil menjadikan penjualan yang sukses untuk seorang sales?

 

Terlepas dari berbagai proses yang Anda lakukan, ada tiga persyaratan penting dan menjadi hal krusial untuk menciptakan penjualan. Yang mana jika tidak terdapat elemen-elemen ini, itu artinya peluang Anda hanya sebatas peluang yang belum dapat dibuktikan sebagai penjualan.

 

1. Mengikuti Proses

Suatu peluang penjualan dapat dikatakan sebagai peluang adalah ketika pelanggan mengikuti proses dengan Anda. Dimana ketika Anda mengajak meeting, prospek bersedia memberikan waktu kepada Anda. Ketika Anda melakukan panggilan telepon, prospek mengangkat teleponnya. Atau apapun upaya komunikasi yang Anda lakukan, prospek memberikan waktu untuk merespon Anda.

 

Hal tersebut merupakan tindakan prospek yang mengikuti proses yang mendekatkan Anda dengan penjualan. Tanpa hal tersebut, peluang yang menurut Anda, tidak dapat dianggap sebagai peluang penjualan

 

2. Memiliki keterlibatan

Prospek harus terlibat dalam proses penjualan yang menjadi tujuan Anda mendekati prospek tersebut. Terlibat disini artinya prospek berani memberikan masukan kepada Anda, prospek bersedia menceritakan produk seperti apa yang mereka butuhkan dan menceritakan masalah-masalah yang mereka hadapi. Jika prospek hanya diam dan mendengarkan, bisa dikatakan prospek sudah tidak memiliki ketertarikan untuk menggunakan produk Anda.

 

3. Memiliki Komitmen

Peluang juga tidak dapat disebut dari proses ketika prospek mengatakan “saya tertarik dengan produk Anda dan mari kita membicarakan hal ini lebih jauh lagi”. Tetapi peluang itu hadir ketika semua proses berjalan sampai adanya komitmen pembelian dari pelanggan Anda seperti “Saya bersedia membeli produk Anda, berikan penawaran terbaik Anda untuk Saya secepat mungkin”.

 

Itulah arti peluang penjualan yang sebenarnya yang harus Anda dapatkan dari prospek-prospek Anda. Bagaimana, apakah Anda memiliki kriteria lain dalam peluang penjualan? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi background (c) Pxhere.com