Return to site

3 Usaha Untuk Meningkatkan Aktivitas Penjualan

Menghadapi masalah yang dihadapi oleh salesperson

· Tips Sales,Tips Marketing

Terkadang Anda maupun anggota tim sales Anda mengalami kemunduran dalam segala hal seperti turunnya semangat, turunnya penjualan dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini tentu akan terjadi secara berulang-ulang setiap hari bahkan dapat menjadi sebuah “kebiasaan buruk” apabila Anda terus terjebak pada kondisi tersebut.

 

Dalam dunia sales, Anda tidak boleh terjebak terlalu lama ketika berada pada titik terendah. Tetapi, Anda harus terus melakukan perubahan setiap hari agar dapat termotivasi untuk meningkatkan kinerja Anda setiap hari. Hentikan sejenak aktivitas Anda, mulailah untuk bertanya pada diri Anda sendiri apa rencana yang harus Anda lakukan hari ini agar dapat menjangkau prospek potensial yang lebih banyak. Kemudian, cobalah untuk mulai memikirkan tiga hal berikut ini:

 

1. Mencari solusi saat berada pada kondisi ‘stuck’

Ketika Anda merasa terjebak pada kondisi saat tidak dapat mendapatkan prospek potensial, cobalah untuk mulai mengembangkan informasi yang Anda miliki untuk menarik prospek. Jika Anda tidak memiliki koneksi dan hanya dapat diam di tempat, yang perlu Anda lakukan adalah mulailah untuk membangun koneksi Anda sendiri. Upaya sederhana yang sering dilakukan oleh pemula adalah dengan mencari informasi target pelanggan melalui social media untuk profesional seperti LinkedIn atau dengan bergabung di forum-forum bisnis.

 

Jangan putus asa jika Anda belum mendapatkan prospek, cobalah untuk mengulanginya beberapa kali lagi dengan cara yang sama. Jika tetap tidak mendapatkan hasil, mulailah untuk mencari cara baru yang lebih efektif.

 

2. Personalisasi

Pelajari semua yang berhubungan dengan prospek/pelanggan dan juga tantangan yang sedang mereka hadapi. Pastikan Anda sudah memiliki data yang akurat untuk dijadikan target marketing selanjutnya. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa orang-orang yang Anda hubungi adalah yang paling sesuai dengan produk/layanan Anda. Agar saat Anda menawarkan produk/layanan, prospek memang membutuhkannya untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

 

3. Buatlah daftar ketiga dalam target market Anda.

Daftar ketiga dalam penjualan ini juga dapat dikatakan sebagai langkah cadangan yang harus Anda ambil untuk meningkatkan penjualan Anda. Dimana daftar pertama adalah pelanggan-pelanggan Anda, daftar kedua adalah prospek/leads Anda dan daftar ketiga ini adalah orang-orang yang dapat mengarahkan Anda pada prospek/pelanggan baru. Cara ini merupakan cara sederhana tapi sering dilupakan oleh salesperson yang menghadapi masalah penjualan mereka. Oleh karena itu, cobalah untuk mengambil langkah ini untuk meningkatkan penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com