Return to site

4 Cara Agar Jaringan Merekomendasikan Anda Untuk Penjualan

Cara mendapatkan rekomendasi dari jaringan

· Tips Marketing

Ketika Anda sudah memiliki banyak jaringan dan berhasil menjaga hubungan dengan orang-orang dalam jaringan tersebut, belum tentu bagi Anda mendapatkan rekomendasi dari orang-orang di dalamnya. Karena, bukanlah keakraban yang menjadi tolok ukur, apakah Anda berhak untuk direkomendasikan, tetapi yang menjadi tolok ukur adalah kepercayaan.

 

Kepercayaan disini adalah bagaimana orang-orang dalam satu jaringan menaruh kepercayaan kepada Anda. Tidak ada orang yang bersedia mengambil risiko untuk merusak reputasi diri mereka terhadap rekannya karena merujuk bisnis Anda. Berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai kepercayaan, merupakan bagian penting bagi rekan-rekan dalam jaringan Anda? Selain masalah kualitas produk dan layanan, faktor utama yang menentukan agar Anda mendapatkan rekomendasi adalah sebagai berikut:

 

1. Profesi Anda

Tidak mudah bagi seseorang untuk bisa merekomendasikan orang lain untuk ikut masuk dalam bisnisnya. Tidak seperti orang yang membeli produk umum selayaknya pakaian di pasar atau mall, untuk bisnis yang fokus pada penjualan terhadap corporate (B2B), kepercayaan tersebut bisa didapatkan dalam kurun waktu di atas enam bulan. Semakin besar risiko jyang ditanggung oleh orang yang akan merekomendasikan Anda, semakin lama pula waktu yang harus Anda tunggu untuk mendapatkan rekomendasi.

 

2. Seberapa baik Anda dalam memberikan pengetahuan tentang bisnis kepada orang dalam jaringan

Jangan pernah menganggap orang-orang dalam jaringan Anda telah memahami apa bisnis dan perusahaan Anda selayaknya orang yang berada di dalam perusahaan. Sebagian besar orang yang berada di dalam jaringan adalah orang yang memiliki masalah untuk bisnis mereka masing-masing. Mereka harus menyelesaikan masalahnya sendiri sebelum berbicara tentang bisnis Anda. Oleh karena itu, usaha Anda untuk memberikan arahan dan pengetahuan tentang bisnis, saat mereka memiliki waktu lebih menjadi kunci keberhasilan Anda untuk mempersingkat waktu agar rekomendasi dari orang-orang pada jaringan Anda terpenuhi.

 

3. Bantuan Anda untuk merekomendasikan bisnis lain

Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi yan lebih cepat dari orang lain, maka Anda harus beritndak terlebih dahulu sebelum mereka bertindak untuk Anda. Artinya Anda harus siap merekomendasikan bisnis pelanggan Anda kepada jaringan-jaringan lain untuk menarik kepercayaan. Mereka tidak akan bertindak untuk mengambil risiko sedangkan Anda tidak mau mengambil risiko untuk orang lain. Tidak ada orang yang akan tinggal diam saat mereka dibantu, itulah alasan mengapa Anda juga perlu merekomendasikan bisnis lain dalam jaringan Anda.

 

4. Belajar tentang bisnis orang lain

Jika Anda ingin orang lain belajar tentang bisnis Anda, ini adalah waktu yang tepat untuk belajar tentang bisnis orang lain. Tidak ada kata mudah untuk mengetahui seberapa yakin orang dalam jaringan Anda untuk memberikan rekomendasi. Banyak orang yang menghabiskan banyak waktu dan usaha guna membangun kepercayaan orang lain untuk dirinya sendiri. Itulah penyebab utama mengapa Anda harus mulai berinvestasi pada upaya dalam belajar tentang bisnis orang lain.

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK