Return to site

4 Cara Membangun Tim Sales Berkualitas

Menciptakan tim marketing berkualitas

4 Cara Membangun Tim Sales Berkualitas

Perusahaan memiliki fase pertumbuhan penjualan yang sangat khas. Dimana didalamnya termasuk dengan pertumbuhan tim sales, peningkatan produktivitas, memaksimalkan produktivitas dan lain sebagainya. Strategi penjualan yang sukses mencakup banyak hal melalui tahap pembangunan dari awal dan yang terpenting adalah kesuksesan jangka panjang dari tim sales itu sendiri.

Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan tim sales yang bagus. Selain memiliki performa tinggi, tim sales juga harus memiliki tingkat kerja sama yang bagus pula. Berikut adalah tips untuk membangun tim sales sebelum yang bisa Anda terapkan.

1. Menemukan kandidat tim yang tepat

Sebelum tim terbangun, yang harus Anda cari terlebih dahulu adalah siapa yang mengisi posisi anggota tim sales Anda. Untuk meningkatkan penjualan, Anda harus memiliki tim yang memiliki skill penjualan yang bagus. Sebelum Anda menentukan, mungkin Anda bisa berbagi dengan teman atau rekan Anda. Siapa tahu berkat mereka Anda bertemu dengan kandidat yang memiliki skill seperti yang Anda inginkan.

2. Melatih sesegera mungkin

Ketika Anda sudah menemukan kandidat yang cocok, latihlah mereka untuk bekerja sesuai SOP yang Anda berikan. Jangan karena Anda ingin menjual produk sebanyak mungkin, tim yang masih belum memahami SOP sudah diturunkan ke lapangan untuk menawarkan produk.

 

Cara yang tepat adalah dengan membuat program pelatihan secara menyeluruh yang mencakup produk dan proses penjualan. Selain itu, ikutkan anggota baru Anda ini kedalam jaringan yang Anda miliki. Setelah Anda melatihnya, Anda dapat memantau kinerjanya dan mintalah masukan dari jaringan Anda terkait kinerja anggota baru Anda tersebut.

3. Membuat proses penjualan yang berulang

Proses penjualan yang berkualitas adalah penjualan yang menghasilkan pelanggan dengan pembelian berulang-ulang. Jadi, mulailah dengan menentukan proses siklus penjualan Anda yang nantinya akan menjadi tugas tim sales. Umumnya proses penjualan akan dimulai dari lead, dengan proses mereka akan mulai bertanya tentang produk dan solusi yang akan mereka dapatkan. Selanjutnya, lead ini akan mulai meminta quotes dan pada akhirnya akan menjadi pelanggan.

Tapi, selanjutnya bagaimana? Apakah pelanggan ini akan kembali lagi atau tidak? Itu yang harus diperhatikan oleh tim sales Anda. Itulah mengapa kami menyarankan kepada Anda untuk membuat proses penjualan yang berulang.

4. Memberikan alat yang membantu tim sales Anda mencapai kesuksesan

Meski Anda sudah memiliki tim sales yang berkualitas, bukan berarti Anda lepas tangan dengan tim sales Anda. Karena ada satu hal dimana tim sales tidak dapat melakukan semua pekerjaan dengan proses yang lebih rumit. Tingkat kejenuhan yang dialami oleh tim Anda akan menurunkan produktivitas mereka. Itulah mengapa sistem CRM sangat penting untuk membantu tim sales Anda. Karena CRM akan memungkinkan tim sales Anda melakukan pekerjaannya lebih baik dan tidak melewatkan satu kesempatan pun.

Selain itu, hasil analisa CRM terhadap kinerja tim sales Anda dapat menjadi motivator yang sangat hebat kepada tim sales Anda. Karena tim sales Anda dapat melihat gambaran besar dan apa yang perlu mereka lakukan untuk mewujudkan tujuan miereka. Terlebih lagi, laporan lain seperti yang mengidentifikasi peluang penjualan dapat memberikan panduan terperinci untuk terus meningkatkan penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com