Return to site

4 Cara Menemukan Responden Untuk Keperluan Analisa Marketing

Kualitas responden menentukan kualitas data yang Anda miliki

· Tips Marketing

Bagaimana cara menganalisa marketing yang Anda lakukan selama ini? Apakah Anda menganalisa secara random atau bahkan belum menganalisa sama sekali? Jika Anda masih menganalisa pemasaran dengan cara yang random atau bahkan menganggap analisa bisa dilakukan belakangan, itu artinya tim Anda tidak memiliki tujuan pemasaran yang jelas. Karena berawal dari analisa inilah tujuan pemasaran dapat dibuat lebih spesifik dan akurat untuk menemukan target audiens yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Mengumpulkan data untuk analisa pemasaran membutuhkan kesiapan dan tidak bisa Anda lakukan dengan cara yang tidak terkoordinasi. Anda perlu menjangkau semua pelanggan atau target audiens yang tepat untuk Anda jadikan responden. Untuk memenuhi kriteria orang yang tepat untuk Anda jadikan responden, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

 

1. Jangkau pelanggan yang baru melakukan pembelian

Pelanggan-pelanggan yang baru melakukan pembelian biasanya lebih mudah untuk dihubungi. Jadikan kesempatan ini untuk menjangkau mereka guna menjadikan mereka sebagai salah satu responden untuk menganalisa pemasaran Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi CRM, tentu Anda akan lebih mudah untuk melihat daftar pelanggan yang melakukan pembelian 6-12 bulan yang lalu. Dengan memilih pelanggan tersebut, tentu mereka sudah memiliki pengalaman yang cukup untuk Anda jadikan responden dibandingkan pelanggan yang melakukan pembelian kurang dari 6 bulan.

 

2. Memilih pelanggan lama yang selalu aktif dalam melakukan pembelian

Pelanggan lama yang aktif dalam melakukan pembelian itu artinya mereka memiliki kesetiaan yang sangat besar kepada perusahaan. Dengan memilih pelanggan lama ini, Anda dapat mempelajari bagaimana cara untuk membawa pelanggan-pelanggan aktif lainnya di masa depan dengan target pemasaran yang tepat.

 

3. Memilih pelanggan yang sering memberikan masukan dan komplain

Pelanggan yang memberi masukan terhadap perusahaan itu tandanya mereka menyukai perusahaan, produk dan layanan yang diberikan. Sehingga mereka tidak akan menolak ketika ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu responden untuk keperluan riset marketing Anda. Sedangkan mereka yang suka komplain terhadap layanan adalah orang yang merasa dirinya telah dirugikan. Untuk itu, dapatkan sudut pandang yang berbeda dari pelanggan-pelanggan yang komplain ini untuk mendapatkan sisi negatif dari perusahaan terhadap pelanggan.

 

4. Memilih dari jaringan yang memiliki relevansi dengan produk Anda

Setelah Anda menjangkau semua pelanggan-pelanggan dan memilihnya untuk Anda jadikan responden, selanjutnya Anda perlu meminta penilaian dari orang-orang yang berada diluar sirkulasi bisnis Anda seperti meminta orang-orang dari jaringan Anda. Orang-orang dari jaringan ini dapat melihat sisi berdasarkan sudut pandang tanpa pengalaman, sehingga akan membantu Anda membuat konten yang menarik menurut sudut pandang mereka.

 

Itulah cara untuk mendapatkan responden yang dapat dijadikan data riset pemasaran Anda. Jika Anda ingin menambahkan, silakan tambahkan poin-poin penting lainnya pada komentar di bawah ini! Untuk Anda yang tidak ingin kentinggalan tips-tips menarik dari kami, silakan berlangganan di form subscribes!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK