Return to site

4 Cara Untuk Menghemat Waktu & Meningkatkan Produktivitas Tim Sales

· Tips Sales

Tahukah Anda bahwa sebagian besar tenaga penjualan menghabiskan waktunya untuk tugas-tugas yang tidak terkait dengan penjualan. Sehingga, produktivitas tim dalam bekerja tidak dapat dimaksimalkan. Padahal, jika dilakukan dengan benar, meskipun Anda memiliki sedikit perencanaan Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan penjualan saat Anda membuang-buang waktu yang dimiliki tersebut. Untungnya, kami memiliki beberapa cara dari para sales leader yang paling produktif sehingga Anda juga dapat mengambil manfaat dari pengalaman mereka.

1. Mempersiapkan diri dari malam sebelumnya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan diri sejak malam sebelum Anda bekerja keesokan harinya. Kurangi aktivitas yang tidak diperlukan di malam hari. Jauhkan smartphone Anda jika sudah memasuki jam istirahat. Tidur yang baik adalah 6.5 – 7 jam di malam hari. Jika Anda bisa memenuhi hal ini, maka Anda dapat bekerja dengan baik di pagi hari. Anda pun akan terbiasa bangun tepat waktu untuk bekerja dan memaksimalkan setiap proses yang harus Anda lakukan.

2. Mobile office

Berkat teknologi modern, Anda dapat bekerja hampir dari mana saja, dan itulah yang dilakukan oleh kebanyakan sales leader top. Mengubah smartphone menjadi mobile office untuk semua hal yang Anda perlukan, seperti akses dokumen yang diperlukan, dan aplikasi yang membantu Anda melakukan to-do list untuk pekerjaan Anda. CRM saat ini sudah dikembangkan dengan mengadopsi mobile friendly di mana aplikasi ini bisa memberikan Anda akses ke informasi pelanggan dan prospek yang berharga di mana pun Anda berada. Memiliki informasi di ujung jari membantu Anda untuk memproses penawaran di saat Anda memiliki waktu luang, seperti saat sedang menunggu kereta atau pesawat berangkat atau hal-hal lainnya yang hanya membuang waktu Anda.

3. Menghilangkan pekerjaan yang dapat memboroskan waktu Anda

Anda pasti sering melakukan aktivitas-aktivitas ini:

  • Beberapa menit mengecek email, yang kemudian dilakukan berulang kali dalam sehari
  • Menggunakan social media di jam kerja tanpa tujuan.

Ini adalah beberapa aktivitas yang dapat menjadi penyebab pemborosan waktu kecil yang dapat dikalkulasikan menjadi waktu yang sangat banyak setiap minggunya. Hal ini tentu sudah menjadi awal penurunan produktivitas Anda. Para sales leader yang produktif tidak pernah menyia-nyiakan waktu seperti ini, sehingga mereka dapat memfokuskan energi mereka pada prospek dan pelanggan. Anda dapat melakukan ini dengan mengatur waktu untuk memeriksa email, mematikan aplikasi chating dan social media yang tidak terhubung dengan pekerjaan.

4. Mengotomatiskan tugas dengan teknologi untuk penjualan seperti CRM

Sales leader yang memiliki performa tinggi cenderung mengimplementasi CRM dan menjalan proses otomatisasi alur kerja untuk menangani tugas-tugas yang berulang dan dapat dibantu dengan teknologi. Setiap bisnis berbeda dan akan membutuhkan berbagai jenis otomatisasi, tetapi beberapa otomatisasi umum yang sesuai dengan setiap tim penjualan adalah:

  • Sinkronisasi email dengan CRM - ini akan menghemat waktu dalam mencari email secara manual di kotak masuk Anda
  • Informasi secara real-time tentang prospek Anda melalui email tracker. Misalnya, CRM Anda dapat menandai email ketika seorang prospek telah membuka email.
  • Fitur pelaporan otomatis pada CRM dapat dengan mudah menghasilkan laporan bagi sales, seperti laporan siklus penjualan atau laporan status lead.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK