Return to site

4 Cara Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Menciptakan loyalitas untuk pelanggan

· Tips Sales

Loyalitas, satu kata yang sudah sangat umum kita dengar dan sangat mudah untuk kita ucapkan. Tetapi, dalam praktiknya, kita secara pribadi yang mendapatkan kepercayaan belum tentu mampu menjaga loyalitas kita untuk orang tersebut. Dalam dunia bisnis, menjaga loyalitas seorang pelanggan adalah tanggung jawab besar perusahaan. Menjaga loyalitas ini juga menjadi tantangan terberat dibandingkan harus berkompetisi dengan kompetitor.

Karena dengan memiliki pelanggan yang loyal, perusahaan akan tetap kuat dalam menghadapi setiap kondisi. Seperti saat pasar sedang lesu, gejolak ekonomi dunia dan lain sebagainya. Bahkan, keuntungan yang didapatkan dari pelanggan loyal bisa mencapai 95% hanya berbekal pada peningkatan masing-masing pelanggan sebesar 5%.

Mengingat betapa pentingnya menjaga loyalitas pelanggan ini, berikut adalah langlah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan-pelanggan Anda.

1. Pengalaman pelanggan lebih diprioritaskan

Komitmen perusahaan dalam menjaga pengalaman pelanggan dapat berpengaruh besar pada tumbuhnya loyalitas. Oleh karena itu, ketika pelanggan masih memiliki banyak pilihan atas produk yang sama/serupa dengan produk Anda, sangat rentan kehilangan apabila mereka mendapatkan pengalaman buruk walau hanya sekali.

2. Selalu siap berada di depan

Jangan hanya saat menawarkan produk, Anda mendedikasikan waktu dan diri di hadapan pelanggan. Hal yang sama harus Anda lakukan ketika prospek Anda ini sudah menjadi pelanggan. Yang artinya, ketika pelanggan melakukan komplain Anda harus siap menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan tersebut.

3. Selalu jujur

Tidak ada kebohongan yang baik, karena kebohongan yang baik hanya ada dalam istilah atau upaya untuk membenarkan diri. Satu kebohongan yang terbongkar dari satu pelanggan, akan mengakibatkan hancurnya reputasi Anda dalam waktu dekat. Ketika Anda memiliki reputasi negatif satu kali, Anda akan mengalami kesulitan untuk memperbaiki reputasi tersebut. Mengakui ketika membuat kesalahan adalah tindakan terpuji yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

4. Memperlakukan seperti orang perusahaan

Memperlakukan pelanggan seolah-olah bagian dari perusahaan adalah langkah lain yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Berikan pelayanan khusus dengan promosi atau rewards yang sebanding dengan pembelian yang mereka lakukan. Mintalah umpan balik dari mereka dan tunjukkan pada mereka bahwa Anda benar-benar menghargai pendapat yang telah mereka berikan. Semakin sering pelanggan memberikan masukan, semakin dekat pula ia dengan perusahaan dan menambah loyalitasnya untuk perusahaan Anda.

Itulah langkah-langkah untuk meningkatkan loyalitas yang dapat kami berikan untuk Anda, apabila Anda memiliki langkah lain, silakan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pexels.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK