Return to site

4 Cara Untuk Meningkatkan ROI Dari Analisa

Konsep, data, analisa dan strategi

· Tips Sales

Seberapa besar modal yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menciptakan produk/layanan serta pengeluaran untuk kampanye? Ketika perusahaan gagal dalam menganalisa data dengan tepat, kerugian besar akan dihadapi oleh perusahaan. Strategi yang diharapkan untuk meningkatkan ROI berakhir menjadi kerugian yang tak dapat dihindari.

Oleh karena itu, perkuat analisa data Anda untuk meningkatkan hasil ROI bagi perusahaan Anda. Kenali beberapa hal berikut untuk memberikan Anda gambaran dalam menciptakan wawasan analisa yang baik agar dapat membawa ROI positif untuk perusahan Anda.

1. Menggali “insight” data Anda

Tahukah Anda, data yang kita miliki saat ini memiliki dua macam yakni data terstruktur dan tidak terstruktur. Data terstruktur dapat berupa gambar, teks maupun video. Sayangnya tidak semua data yang dimiliki adalah data terstruktur. Jika dikaitkan dengan release yang dikeluarkan oleh IBM, sebagian data yang dimiliki bukanlah data terstruktur. Yang artinya, data yang dimiliki perusahaan bukanlah data yang dapat diproses dengan mudah,

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan wawasan atau insight dari pengolahan data. Karena apabila data yang dihimpun hanya berdasarkan pada data terstruktur, data yang Anda miliki pun tidak akan berkualitas.

2. Menggabungkan data dengan konsep

Anda sudah mengumpulkan data terstruktur dan tidak, langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah dengan menggabungkan data-data tersebut dengan konsep yang dimiliki oleh perusahaan. Apakah konsep yang ingin Anda pilih adalah untuk memasarkan melalui internet atau cukup dengan media tradisional. Keselarasan antara data dan konsep dapat menciptakan peluang keberhasilan yang sangat besar untuk mencapai ROI yang positif.

3. Mengumpulkan semua konsep untuk mengumpulkan data

Setelah Anda memiliki konsep, simpan semua konsep yang sudah Anda miliki untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi. Selain untuk bahan evaluasi Anda dapat menjadikan konsep-konsep tersebut sebagai salah satu alat untuk mengumpulkan data Anda. Sehingga Anda dapat memaksimalkan data dari konsep untuk membuat konsep-konsep baru yang lebih baik.

4. Melakukan monitoring hasil analisa

Monitoring atau memantau hasil analisa merupakan hal terakhir yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai hasil ROI yang lebih baik dari strategi yang akan dibuat. Monitoring disini dapat berupa pengumpulan, strukturisasi dan menganalisa hasil setiap analisa yang telah dilakukan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK