Return to site

4 Cara Untuk Menyaring Strategi Marketing Anda

Menyaring untuk memaksimalkan marketing

· Tips Marketing

Bagi Anda yang saat ini menjalankan bisnis, tentu tidak sulit lagi menemukan media untuk menjalankan kampanye. Hanya saja, terlalu banyak media yang bisa dipilih justru menjadi tantangan tersendiri untuk memilih platform yang tepat. Pelaku bisnis harus bisa menentukan media mana dan kampanye seperti apa yang akan menghasilkan ROI lebih cepat.

Untuk membantu Anda dalam menyaring media untuk melakukan kampanye dengan tepat, kami akan memberikan beberapa tips berikut ini.

1. Memahami calon pelanggan Anda dalam berbelanja

Menjangkau calon pelanggan yang sudah memiliki ketertarikan, tentu akan lebih mudah untuk meyakinkan mereka menggunakan produk Anda. Akan tetapi, bukan itu yang terpenting untuk menyaring kampanye Anda. Yang terpenting adalah bagaimana Anda memahami cara calon pelanggan dalam berbelanja. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan metode pendekatan berdasarkan kebutuhan mereka.

2. Memahami pesan yang Anda gunakan dalam kampanye

Pesan yang digunakan dalam kampanye memiliki dampak besar pada tingkat konversi audiens menjadi lead. Jika Anda ingin memperkenalkan produk, tidak cukup hanya dengan menggunakan kata-kata saja. Tetapi, bagaimana audiens memahami apa yang ingin disampaikan oleh perusahaan dari kampanye tersebut.

3. Bagaimana cara Anda dalam berinteraksi dengan calon pelanggan

Channel mana yang akan Anda gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan? Apa saja strategi komunikasi yang akan Anda gunakan? Berapa rata-rata waktu yang akan Anda berikan kepada pelanggan untuk memberikan respon terhadap semua pertanyaan calon pelanggan? Ini merupakan beberapa pertanyaan yang harus bisa Anda jawab untuk menentukan cara Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan menentukan channel, pelanggan akan lebih mudah menjangkau Anda untuk mencari tahu semua hal tentang produk yang Anda tawarkan.

4. Sesuaikan budget dan target ROI yang ingin Anda capai

Kampanye yang Anda lakukan harus Anda fokuskan pada target ROI terlebih dahulu. Dari ROI yang sudah Anda miliki tersebut, Anda sesuaikan kembali dengan budget yang akan Anda keluarkan. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol pengeluaran untuk marketing dan meminimalisir kesalahan prediksi.

Dari empat cara penyaringan tersebut, Anda dapat mengoptimalkannya dengan memanfaatkan Customer Relationship Management (CRM). Dengan sistem CRM, Anda dapat menyaring dan mencari media yang optimal untuk kampanye berbasis data pelanggan yang sudah ada maupun dengan melihat riwayat pembelian yang tersimpan pada aplikasi tersebut. Sehingga Anda dapat menentukan strategi marketing yang sesuai dengan audiens berdasarkan pola dari data-data yang sudah Anda miliki.

Ilustrasi (c) Unsplash.com