Return to site

4 Metrik Untuk Membina Tim Sales Menjadi Top Sales

Cara leader membina tim sales agar selalu menciptakan peluang penjualan

· Leadership

Sebagai sales leader Anda memiliki tugas bukan hanya untuk mengawasi kinerja tim Anda. Tetapi, Anda juga memiliki tanggung jawab bagaimana mengoptimalkan hasil yang akan didapatkan oleh tim Anda. Caranya adalah dengan melakukan pembinaan dengan baik untuk semua tim. Lalu, bagaimana cara Anda untuk mencapai tingkat penjualan yang baik dari tim sales Anda? Berikut adalah kunci utama untuk mendorong pembinaan tim sales Anda.

1. Respon terhadap prospek dan tindakan yang harus dilakukan

Ketika prospek tidak menjawab telepon tim Anda harus mengetahui apa yang harus ia lakukan. Begitu juga saat prospek melakukan panggilan terhadap tim Anda, maka tim Anda harus bisa segera melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh prospek. Selalu ingatkan kembali pada tim Anda bahwa ada batasan-batasan diamana salesperson boleh menolak permintaan prospek jika sudah diluar kendali perusahaan.

2. Memahami profil pelanggan

Ajarkan tim Anda untuk selalu melihat profil prospek melalui beberapa media online atau majalah-majalah yang memuat nama prospek. Dengan mengenal prospek, tim Anda akan lebih mudah dalam melakukan pendekatan dan dapat dengan mudah untuk melakukan komunikasi.

3. Tingkat kesesuaian dengan pipeline

Jika tim Anda sering keluar dari pipeline selama proses penjualan, binalah mereka untuk terus mengikuti sales pipeline Anda. Jika Anda membiarkan sales keluar dari sales pipeline, selain Anda tidak akan bisa menjual dengan baik, tim Anda tidak akan bisa berkembang dalam menjual.

4. Rata-rata closing

Jika tim Anda memiliki waktu closing yang lebih panjang dari apa yang menjadi siklus penjualan perusahaan, cari tahu dimana penyebabnya. Jika Anda sudah menemukan celah tersebut, perbaikilah dan ajaklah tim Anda untuk menyelesaikan permasalahan yang sama jika sewaktu-waktu terjadi. Jika Anda menyelesaikan sendiri dan hanya menuntun, tim Anda tidak bisa berkembang untuk menciptakan siklus penjualan yang lebih pendek.

Itulah beberapa metrik yang dapat kami berikan untuk Anda sebagai penuntun agar Anda memiliki tim sales yang lebih produktif. Apakah Anda memiliki tips lain? Silakan tinggalkan komentar untuk berbagi. Jangan lupa untuk berlangganan blog kami dengan mendaftarkan email pada kolom subscribes.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK