Return to site

4 Metrik Untuk Meningkatkan Brand Loyalty Pelanggan Anda

· Tips Sales

Jika Anda menginginkan bisnis yang berjalan untuk waktu yang panjang, maka Anda harus memperhatikan retensi pelanggan-pelanggan yang Anda miliki saat ini. Karena jika Anda melakukannya dengan benar, pelanggan lama akan meningkatkan revenue, referral serta keuntungan-keuntungan jangka panjang untuk perusahaan. Sebaliknya, jika Anda gagal menjaga pelanggan lama berada dalam penguasaan Anda untuk menciptakan retensi, Anda akan dikejar target dengan tuntutan kerja yang lebih cepat untuk bersaing dengan kompetitor dalam mendapatkan pelanggan-pelanggan baru. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan brand loyalty dan loyalitas pelanggan-pelanggan Anda.

1. Cari tahu apa yang menyebabkan pelanggan Anda pergi

Mengapa banyak perusahaan gagal menjaga pelanggan-pelanggannya? Alasan utama kenapa hal ini bisa terjadi adalah karena perusahaan gagal menemukan jawaban dari perginya pelanggan-pelanggan mereka. Bagaimana cara mendapatkan jawaban dari hal ini? Yang perlu Anda lakukan adalah dengan meminta feedback secara langsung kepada pelanggan baik melalui meeting, email maupun telepon. Anda juga dapat mencari tahu alasan-alasan kepergian pelanggan dengan mencari tahu riwayat komplain dari pelanggan-pelanggan Anda yang memutuskan untuk mencari mitra baru/meninggalkan perusahaan Anda.

2. Berikan penawaran spesial untuk pelanggan-pelanggan lama Anda

Jangan hanya memberikan penawaran yang sama pada pelanggan-pelanggan lama Anda. Sesekali buatlah pelanggan Anda merasa lebih spesial dengan memberikan penawaran spesial kepada mereka. Seperti potensi mendapatkan pelayanan khusus/gratis tambahan garansi produk dan lain sebagainya. Jadikanlah pelanggan lama Anda merasa diperhatikan dengan program spesial yang Anda berikan. Dengan ini pelanggan Anda akan semakin senang untuk terus berlangganan produk/layanan Anda.

3. Reward dan kejutan

Reward dan kejutan sudah sangat umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Hal ini mereka lakukan untuk memompa pembelian ulang dari pelanggan-pelanggan yang mereka miliki saat ini. Sebut saja program poin yang dilakukan oleh pengguna layanan provider jaringan seluler. Mereka memberikan poin yang lebih tinggi kepada pelanggan-pelanggan yang mengisi ulang kartu prabayar mereka dan kejutan untuk pelanggan yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak. Cara seperti ini lah yang juga perlu Anda terapkan jika Anda ingin menjaga pelanggan-pelanggan lama untuk tetap setia menjadi pelanggan.

4. Jangkau pelanggan di mana pun

Teknologi saat ini sudah sangat lengkap dan memudahkan sales untuk menjangkau pelanggan. Ada forum online, telepon, media sosial, email dan teknologi-teknologi lainnya yang memudahkan sales berkomunikasi dengan pelanggan. Manfaatkan hal ini sebagai momentum untuk memperhatikan pelanggan yang Anda miliki. Dengan ini pelanggan memiliki banyak pilihan untuk melakukan komplain atau pun untuk memberikan masukan kepada perusahaan terkait produk dan layanan.