Return to site

4 Risiko Menggunakan CRM Gratisan

Hal tersembungi di balik layanan teknologi gratis

· CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta,Customer Service,CRM

Gratis, mendengar satu kata ini tentu akan membuat kita senang. Tetapi, dalam dunia teknologi, penggunaan secara gratis dapat menjadi masalah besar bagi para penggunanya. Contoh, karena pengguna komputer tidak mau membayar software, dia menggunakan patch software. Sayangnya, patch tersebut justru menyimpan program jahat seperti adanya ransomware mau pun malware. Begitu pula saat Anda menggunakan sistem CRM secara gratis dengan iming-iming tidak ada batasan pengguna dan waktu. Jika CRM yang digunakan memiliki kredibilitas baik pun, Anda tetap tidak akan leluasa dalam menggunakan sistem ini.

Karena, CRM merupakan sistem yang memiliki peran sentral, penggunaan sistem secara gratis ini tentu hanya akan menjadi masalah besar bagi perusahaan di masa depan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak seharusnya menggunakan layanan CRM gratis untuk perusahaan.

1. Tidak bisa mengelola data dengan sempurna

CRM yang disediakan secara gratis, tentu memiliki banyak kelemahan jika dibandingkan dengan CRM berbayar. Salah satu kelemahan tersebut adalah tidak bisa mengelola data dengan baik. Misal, Anda ingin mengunggah file dengan kapasitas 3 MB, dikarenakan sistem gratis, Anda hanya mampu memasukkan data file dengan ukuran maksimal 500KB.

2. Kustomisasi

Pengguna CRM gratis tidak akan mendapatkan pengalaman untuk menggunakan CRM dengan fitur secara penuh. Karena nilai lebih Ini dapat menjadi kelebihan yang hanya akan dirasakan oleh pengguna CRM berbayar.

3. Dukungan yang terbatas

Anda tidak membayar jasa penggunaan CRM, tentu perusahaan tidak akan memberikan dukungan yang maksimal kepada Anda termasuk saat Anda kehilangan data. Jika sudah tidak mendapatkan dukungan seperti ini, setiap data yang sudah tersimpan atau saat sistem mengalami masalah, Anda tidak akan bisa melakukan apa-apa. Pasrah atas kesalahan yang telah Anda perbuat dengan memutuskan menggunakan sistem CRM gratis.

4. Potensi data diketahui pihak lain

Anda hanya melihat CRM gratis, tanpa syarat, semua fitur tersedia, sistem cloud. Dengan iming-iming seperti ini, tentu kita akan sangat tertarik untuk menggunakannya. Namun, jika Anda lupa untuk tidak melihat perusahaan tersebut, bisa saja data-data yang sudah Anda simpan pada sistem CRM ini juga dibagikan kepada pihak lain yang tidak pernah Anda ketahui.

Ingat, CRM versi gratis dengan demo CRM versi gratis adalah dua hal pyang berbeda. Demo gratis adalah kesempatan yang diberikan oleh penyedia CRM kepada Anda yang ingin mencoba sistem CRM. Sedangkan CRM versi gratis adalah sistem yang benar-benar diberikan secara gratis oleh penyedia dengan tujuan yang tidak pernah bisa ketahui oleh pelanggannya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly