Return to site

4 Tips Menjalankan Presentasi Virtual/Online

· Tips Presentasi

Pandemi telah mengubah dunia seperti yang kita kenal, terutama dalam hal pekerjaan. Sementara telekomunikasi hanya sebuah pilihan beberapa tahun yang lalu, itu telah menjadi norma hari ini. Faktanya, kebanyakan karyawan percaya bahwa kerja jarak jauh harus menjadi standar. Dengan pengaturan work from home ini menimbulkan satu tantangan, yaitu ketika harus melakukan presentasi online. Cukup sulit untuk melibatkan rekan kerja Anda dalam kehidupan nyata, apalagi dari jarak jauh. Terlepas dari masalah ini, Anda dapat berhasil memberikan presentasi online yang menarik. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti tips ini:

1. Siapkan Teknologi Anda

Ketika Anda merasa sudah lebih dari siap untuk mempresentasikan materi Anda, itu akan sia-sia jika perangkat Anda mati. Selain telah melakukan persiapan sebelumnya, Anda juga harus memeriksa teknologi Anda beberapa menit sebelum memulai presentasi. Beberapa tips untuk menyiapkan teknologi pendukung untuk presentasi online adalah:

  • Tutup semua program yang tidak perlu yang berjalan di laptop Anda.
  • Berlatihlah menggunakan mikrofon, webcam, dan perangkat lain untuk memeriksa apakah semuanya berfungsi.
  • Gunakan koneksi kabel, jika memungkinkan. Ini lebih dapat diandalkan daripada Wi-Fi.
  • Siapkan laptop atau perangkat lain jika terjadi keadaan darurat teknologi.
  • Simpan salinan presentasi Anda di perangkat penyimpanan lain.

2. Pencahayaan adalah Segalanya

Audiens Anda pasti akan senang melihat wajah saat Anda hadir. Namun, mereka mungkin kesulitan memvisualisasikan jika Anda sedang melakukan presentasi di ruangan yang gelap. Sesederhana mengatur stasiun Anda di depan jendela. Jangan lakukan sebaliknya, karena cahaya yang menyilaukan di belakang akan membuat Anda terlihat lebih gelap. Jika Anda tidak dapat menemukan sudut yang cukup terang di rumah Anda, Anda selalu dapat menggunakan pencahayaan buatan. Anda dapat menempatkan lampu meja di belakang laptop Anda dan memfokuskannya pada wajah Anda. Saat Anda melakukan ini, pastikan untuk meminimalkan sumber cahaya lain yang ada di dalam ruangan. Tutup gorden untuk menghindari bayangan.

3. Pertahankan Level Mata

Sama seperti dalam presentasi kehidupan nyata Anda, Anda harus menatap mata audiens Anda. Lebih sulit untuk melakukan ini secara virtual, jadi Anda perlu memastikan bahwa webcam Anda sejajar dengan mata. Anda dapat melakukannya dengan menumpuk beberapa buku di bawah laptop Anda. Saat Anda melakukan ini, lihat bahwa Anda masih berada di depan dan tengah layar. Anda tidak ingin kepala Anda terpotong dalam presentasi! Terakhir, duduk beberapa inci dari laptop Anda. Anda tidak ingin wajah Anda terlihat begitu besar, karena ini tidak menarik.

4. Atur Suara

Audio yang bagus menghasilkan presentasi online yang luar biasa. Tetapi jika mereka mendengar Anda, mereka tidak akan dapat menangkap apa yang Anda katakan jika ada banyak kebisingan di latar belakang. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengatur ruangan yang tenang. Jika ini adalah tugas berat yang diberikan kepada anak-anak dan hewan peliharaan Anda, Anda harus berinvestasi dalam sepasang headphone peredam bising yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat menyampaikan presentasi Anda dengan sempurna, bahkan jika anak-anak Anda menangis di latar belakang.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK