Return to site

4 Tips Untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan Anda

· Tips Bisnis

Kinerja penjualan adalah pengukuran aktivitas penjualan terhadap target yang digariskan dalam keseluruhan rencana Anda. Metode paling sederhana untuk memantau kinerja adalah dengan menetapkan target penjualan untuk tim Anda dan untuk perwakilan individu dan kemudian mengevaluasi kinerja, baik bulanan atau triwulanan maupun periode lainnya. Anda kemudian dapat meningkatkan kinerja menggunakan proses, alat, dan software untuk pendukung. Berikut adalah 4 cara efektif untuk meningkatkan kinerja penjualan bisnis kecil Anda:

1. Buat Rencana

Rencana penjualan Anda adalah road map Anda. Ini menjabarkan tujuan tim Anda, proses dan strategi penjualan Anda, dan mendefinisikan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan penjualan. Banyak pelaku bisnis yang tidak memiliki rencana atau gagal mengatasi elemen kunci yang membuat rencana penjualan menjadi efektif, yang menyulitkan mereka untuk mengukur dan meningkatkan kinerja penjualan mereka secara keseluruhan.

Sebagian besar dari kita mengalami kesulitan menemukan jalan ke lokasi yang tidak diketahui tanpa arah. Bahkan, tanpa arah atau peta, kebanyakan dari kita akan tersesat. Hal yang sama berlaku tentang rencana penjualan Anda. Rencana Anda adalah rangkaian arah Anda dan memiliki rencana yang efektif akan membantu tim Anda mencapai tujuan Anda dengan lebih efisien.

Rencana penjualan yang sukses akan mencakup tujuan Anda, strategi Anda, dan taktik Anda untuk menghasilkan pendapatan dari pelanggan lama dan baru. Penting untuk setiap rencana yang efektif adalah menentukan bagaimana Anda akan mengukur kinerja dan kemajuan penjualan.

Pimpinan pemiliki bisnis perlu memikirkan tujuan penjualan mereka, proses yang diperlukan untuk mencapainya dan bagaimana mereka akan mengukur kesuksesan. Saat Anda melakukannya, tuliskan langkah-langkah tindakan yang akan membantu Anda mencapai rencana Anda.

2. Gunakan CRM

Software atau platform manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah alat untuk mengelola prospek, kontak dan peluang saat bergerak melalui proses penjualan Anda. CRM yang dibuat untuk bisnis kecil maupun enterprise dapat membantu Anda memantau semua prospek, transaksi, pelanggan, dan proses yang terlibat dalam siklus penjualan Anda. Beberapa CRM juga dapat membuat hidup Anda lebih mudah dengan mengotomatiskan bagian dari proses penjualan. Jika Anda sudah memiliki CRM, sebaiknya tinjau apakah itu memenuhi kebutuhan Anda dan mendukung tim Anda dalam upaya mereka. Platform CRM Sales1 merupakan platform yang dapat Anda gunakan untuk diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda melakukan pemesanan, Anda dapat berkonsultasi dengan tim kami untuk mendapatkan layanan yang maksimal dalam menunjang bisnis Anda. Caranya, Anda cukup mengirimkan email ke hi@sales1crm.com dan tim kami akan meminta informasi yang dibutuhkan untuk membantu Anda dalam memilih sistem CRM.

3. Gunakan Metrik Penjualan

Metrik penjualan (terkadang disebut sebagai analitik penjualan) memberi Anda data yang Anda butuhkan untuk mengukur semua aspek kinerja penjualan Anda sehingga dapat mengidentifikasi dan fokus pada area yang tepat untuk ditingkatkan. Sebagai pemimpin, tugas Anda adalah menentukan metrik yang akan membantu tim Anda meningkatkan kinerja dan memenuhi tujuan mereka dengan sebaik-baiknya.

4. Mengadakan Rapat Tim Penjualan Reguler

Sebagian besar perusahaan mengadakan pertemuan penjualan mingguan, tetapi banyak yang tidak yakin bagaimana membuatnya seefektif mungkin. Rapat harus difokuskan untuk menyatukan tim Anda dan memberi mereka informasi, akuntabilitas, dan dorongan yang mereka butuhkan untuk memenuhi target kinerja penjualan mereka.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK