Return to site

5 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan CRM Untuk Mengelola Informasi Prospek

· CRM Software,CRM Di Indonesia

Menggunakan database atau alat manajemen hubungan pelanggan (CRM) akan membantu Anda menyimpan dan mencatat informasi penting untuk closing penjualan. Anda dapat menggunakan alat ini untuk mencatat bagaimana prospek mendengar tentang Anda, untuk membantu menentukan kapan Anda harus menindaklanjuti prospek dan pelanggan yang ada serta untuk membantu Anda mengingat apa yang Anda dan pelanggan bicarakan selama percakapan terakhir atau kapan Anda harus menagih pelanggan.

Selalu ada 2 jawaban berbeda yang akan didapatkan saat berbicara dengan salesperson dan sales manajer tentang manajemen hubungan pelanggan (CRM):

  1. Menyukai sistem CRM
  2. Tidak menggunakan sistem CRM dan menganggapnya buang-buang waktu.

Sebelum Anda menjadi bagian dari salesperson atau sales leader yang menganggap CRM tidak berguna, coba kenali sistem ini lebih lanjut. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan software CRM untuk mengelola informasi prospek.

1. Memantau dan mengamati pelanggan, prospek dan lead

Alasan paling jelas mengapa orang mulai menggunakan CRM adalah untuk memantau prospek dan klien. Orang yang tidak setuju akan mengatakan itu membutuhkan terlalu banyak waktu. Namun, mereka lupa bahwa penyimpanan data yang terpusat merupakan proses jangka panjang. Proses migrasi data memang membutuhkan lebih banyak waktu, namun setelah implementasi beberapa bulan hingga bertahun-tahun, Anda akan merasakan betapa mudahnya dalam memantau dan mengamati pelanggan, prospek dan lead.

2. Kemudahan dalam memantau pelanggan lama dan menjangkaunya

Bisakah Anda mengingat semua klien lama Anda? Dapatkah Anda mengingat dengan tepat apa yang mereka beli, berapa harganya, dan apa lagi yang mungkin menarik bagi mereka? Mungkin Anda memiliki file klien lama yang di simpan pada spreadsheet atau notebook, namun apakah Anda akan mendapatkan pengingat dari metode tradisional tersebut? Padahal, sangat penting bagi salesperson untuk memahami dan mengenali pelanggan-pelanggan lama mereka. Dari merekalah perusahaan dapat terselamatkan dari kondisi ketika kesulitan mengalami penjualan baru dari pelanggan/prospek baru. Jika sudah tidak memiliki data terpusat, terlebih lagi banyak data yang hilang, maka kerugian besar akan dialami oleh perusahaan karena tidak adanya sistem yang dapat meng-cover data semua pelanggan termasuk pelanggan lama.

3. Prospek

Sementara beberapa prospek bagus mungkin mudah dilacak, bagaimana dengan pria yang menghubungi Anda dua bulan lalu, tetapi mengatakan perusahaan mereka sedang mengalami restrukturisasi jadi harus menunda untuk saat ini? Bagaimana Anda memantau yang tidak lagi menjadi prospek potensial ini? Anda bisa melupakannya yang mudah jika tidak menggunakan CRM. Sebaliknya, dengan menggunakan CRM, Anda bahkan dapat mengotomatiskan email untuk dikirim pada tanggal yang telah ditentukan untuk menindaklanjutinya.

4. Menjual lebih banyak produk

Dengan implementasi CRM yang bagus, dengan hanya mengklik tombol Anda sudah dapat menarik semua kontak yang telah menunjukkan minat pada produk tertentu milik Anda. CRM dapat membuat proses ini efisien dan lebih mudah untuk memproses pemasaran guna meningkatkan penjualan Anda.

5. Perkiraan penjualan

Dengan CRM, Anda dapat melihat dasbor dan melihat apa yang ada di saluran Anda. Seberapa besar insentifnya untuk melihat jumlah uang yang dapat Anda hasilkan jika Anda closing semua prospek secara terbuka? Atau lihat penjualan mana yang diperkirakan akan mudah mencapai closing bulan ini sehingga Anda tahu seberapa dekat Anda dengan target.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK