Return to site

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Memaksimalkan Inbound Marketing Yang Efektif

· Marketing

Rencana inbound marketing harus memiliki beberapa komponen dasar untuk memastikan bahwa rencana Anda menyeluruh, memposisikan perusahaan Anda untuk sukses, dan memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda memulai upaya inbound marketing Anda dengan pemahaman yang kuat tentang langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil. Komponen inti dari setiap rencana inbound marketing meliputi beberapa hal berikut:

1. Persona pembeli

Anda tidak dapat membuat rencana inbound marketing yang efektif tanpa memahami siapa yang Anda targetkan. Ketika Anda memikirkan persona pembeli Anda, Anda pikir Anda memilikinya, namun kebanyakan dari mereka masih belum memilikinya. Persona pembeli menciptakan gambaran yang jelas tentang jenis prospek yang Anda targetkan. Persona pembeli mencakup informasi tentang usia rata-rata, pendapatan, hobi, informasi bisnis, tujuan, dan poin masalah utama yang mereka temui.

2. Peta Perjalanan Pembeli

Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa yang Anda targetkan, Anda dapat mulai memetakan perjalanan yang Anda ingin mereka lakukan untuk menjadi pelanggan. Memetakan perjalanan pembeli membantu Anda membuat konten yang ditargetkan untuk poin tertentu dalam perjalanan ini dan membuat rencana utama dalam proses perencanaan inbound marketing.

3. Anggaran

Karena inbound marketing sangat bergantung pada proses pembuatan konten untuk menjadi sukses, hal ini dapat menjadi hal sangat berat pada awalnya saat Anda membangun konten dasar. Anda harus masuk ke strategi inbound marketing dengan anggaran yang terdefinisi dengan baik untuk dipatuhi. Anggaran ini harus mempertimbangkan biaya untuk membuat semua komponen sistem inbound marketing yang efektif, termasuk posting blog, urutan email, posting media sosial, grafik, dan waktu yang dihabiskan untuk mengelola akun media sosial Anda.

4. Rencana Penyelarasan Penjualan dan Pemasaran

Inbound marketing paling efektif adalah ketika Anda menyelaraskan tim penjualan dan pemasaran Anda. Dengan membuat konten yang berguna bagi kedua tim, Anda memposisikan tim penjualan untuk memaksimalkan prospek yang masuk ke sistem Anda sambil memberi tim pemasaran alat yang mereka butuhkan untuk berhasil. Petakan langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk memastikan bahwa ada keselarasan antara tim Anda.

5. Memaksimalkan Data Melalui Sistem CRM

Dari empat poin yang disebutkan di atas, sebagai tenaga penjualan dan pemasaran, mereka akan kesulitan untuk mencapainya tanpa sebuah data. Maka dari itu, memaksimalkan semua data yang dimiliki oleh perusahaan dan berkaitan dengan pelanggan itu sangat penting untuk dilakukan. Maka dari itu, penggunaan data dengan memaksimalkan sistem CRM adalah sebuah keharusan untuk menemukan proses yang paling tepat dalam mencapai perencanaan inbound marketing yang efektif. Tanpa data, semua rencana Anda hanya berdasarkan imajinasi yang akan menyulitkan Anda untuk mencapai hasil yang positif.

Ilustrasi (c) Unsplash.com