Return to site

5 Manfaat Perencanaan Pemasaran Untuk B2B

Selain memudahkan, ini yang didapat perusahaan dari perencanaan pemasaran

· Tips Marketing

Perencanaan pemasaran untuk Business to Business (B2B) merupakan tindakan yang tidak boleh dilewatkan oleh marketer. Anda tidak boleh hanya menargetkan pemasaran tanpa perencanaan karena kompetitor Anda dapat dengan mudah untuk menarik lead yang Anda miliki saat ini. Sebagai pertimbangan, berikut adalah beberapa manfaat dari perencanaan pemasaran untuk B2B.

1. Perencanaan memudahkan tim marketing menyelaraskan pemasaran dengan tujuan dan target perusahaan

Ada banyak media yang muncul dalam 20 tahun terakhir, tentu memiliki efek yang berbeda ketika perusahaan hanya bisa memasarkan produk melalui media cetak, televisi dan radio saja. Metode pemasaran yang semakin variatif membuat tim marketing harus bekerja lebih. Di sinilah peran perencanaan bagi tim marketing, di mana perencanaan akan memberikan peran vital untuk menyelaraskan pemasaran dengan tujuan dan target perusahaan.

2. Perencanaan membuat pemasaran lebih aktif

Perubahan strategi pemasaran dapat terjadi kapan pun. Dengan perencanaan yang baik, tim marketing dapat mengubah pemasaran sesuai dengan rencana yang sudah disusun sebelumnya untuk menemukan metode paling tepat guna menghasilkan lead dan penjualan.

3. Perencanaan pemasaran menyamakan langkah tim dalam bekerja

Setiap individu dalam tim marketing memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin bekerja cepat, ada pula yang bekerja santai. Ada yang memiliki skill komunikasi baik ada pula yang tidak. Jika tanpa perencanaan, mereka akan tetap bekerja sesuai dengan keinginannya masing-masing. Diperlukan langkah yang jelas dari perusahaan untuk menyamakan tujuan tim agar dapat bekerja satu sama lain dengan baik. Dengan perencanaan, hal tersebut dapat dilakukan oleh perusahaan.

4. Perencanaan memberikan gambaran yang lebih jelas bagi tim marketing sebelum bertindak

Jika pemasaran dilakukan tanpa perencanaan, tim marketing bekerja seperti dalam satu angan-angan yang tidak diketahui arahnya. Namun, jika perusahaan memiliki perencanaan pemasaran yang jelas, tim marketing memiliki gambaran yang jelas pula terkait konten, pesan, metode dan media yang akan digunakan untuk menarik lead yang sesuai dengan kebutuhan prospek.

5. Perencanaan memberikan rasa percaya diri pada tim

Berbeda dengan metode pemasaran biasa, dengan perencanaan yang matang akan menambah motivasi dan kepercayaan diri dari tim Anda. Karena, strategi pemasaran yang dijalankan sudah melalui tahap evaluasi bersama.

Bagaimana, apakah Anda masih enggan untuk membuat perencanaan pemasaran? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Pixabay.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK