Return to site

5 Tantangan Terbesar Dalam Sales Berdasarkan Riset 2017

Bisakah tim sales Anda menghadapi tantangan ini?

· News

Tantangan dalam sales merupakan bagian terpenting yang harus dihadapi oleh salesperson untuk mencapai kesuksesan. Selain masalah perubahan pasar, ada hal-hal lain dan menjadi tantangan terbesar bagi seorang sales. Berikut adalah beberapa tantangan terbesar yang dihadapi oleh sales berdasarkan hasil riset 2017 lalu.

1. Kesulitan mendapatkan respon dari prospek (38%)

Perkembangan teknologi seperti email dan telepon yang sudah dilengkapi sarana filter dan caller ID merupakan salah satu alasan mengapa prospek dapat memilih dengan siapa ia akan menjaga komunikasi.

Secara sederhana, jika prospek tidak ingin melihat email dari salah satu pengirim, prospek dapat memasukkan email pengirim ini pada folder yang ditandai “lewati dari inbox”. Prospek juga dapat memblock panggilan dari orang yang tidak diharapkan sesuka hati mereka. Inilah salah satu alasan mengapa sales banyak yang menilai kesulitan mendapatkan respon pelanggan menjadi tantangan tertinggi bagi sales.

2. Menutup dengan kesepakatan (35%)

Banyak sales yang silih berganti menawarkan produk yang sama atau serupa dengan Anda semakin mempersulit bagi prospek untuk mengambil keputusan. Mereka akan melakukan pertimbangan lebih panjang untuk memilih produk yang paling tepat dan sebagai solusi terbaik bagi mereka. Banyak pilihan inilah yang membuat sales akan lebih sulit untuk menutup proses dengan kesepakatan dan menjadi masalah terbesar kedua bagi sales.

3. Kesulitan dalam memilih lead berkualitas (30%)

Ada banyak prospek yang didapatkan oleh sales, tapi mereka kebanyakan tidak mengetahui prospek mana yang berkualitas. Ketika perusahaan tidak menjadikan masalah ini sebagai masalah serius tim sales. Tak hanya itu saja, tim sales akan terus mengalami persoalan yang sama setiap tahunnya. Untuk itu, kebijakan perusahaan untuk menggunakan CRM menjadi salah satu solusi bagi tim sales untuk mengurangi persoalan ini.

4. Menjangkau pengambil keputusan lebih dari satu orang (27%)

Seperti yang kita ketahui, prospek B2B tidak hanya memiliki satu orang pengambil keputusan melainkan ada yang memiliki lebih dari satu orang. Keberhasilan menjangkau satu orang tidak menjamin terjadi penutupan kesepakatan. Oleh karena itu, sales harus berhasil menjangkau semua pengambil keputusan untuk mencapai kesepakatan sepenuhnya.

5. Mengindari negosiasi permintaan diskon (25%)

Menghadapi prospek yang meminta diskon merupakan tantangan terbesar kelima yang harus dihadapi oleh sales. Kebanyakan dari mereka merasa sungkan untuk menolak dan akhirnya menerima permintaan tersebut. Padahal, ketika sales memenuhi permintaan diskon, ia sudah mengalami kekalahan.

Itulah 5 tantangan terbesar yang dihadapi oleh sales. Untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil riset yang lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi halaman yang sudah kami sebutkan di awal artikel ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com