Return to site

5 Tips Sales Yang Harus Diikuti Semua Salesman

· Tips Sales

Salesman atau yang sering kali kami sebut dengan salesperson memegang peran penting dalam setiap proses pertumbuhan dan penjualan perusahaan. Ketika tim sales tidak dapat memaksimalkan semua proses yang didapat, maka kemungkinan besar pertumbuhan penjualan pun akan mengalami masalah. Ini bukan hanya tentang seberapa rajinnya Anda bekerja. Tetapi, seberapa efektif proses yang Anda lakukan untuk bisa menghasilkan penjualan. Banyak salesperson yang rajin, tetapi mereka tidak dapat menjual dengan baik. Apakah Anda termasuk satu diantara sales yang seperti ini? Jika iya, maka Anda harus segera mengubah cara dalam melakukan penjualan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dan bukan hanya mengandalkan sisi positif Anda yang rajin bekerja.

1. Menjaga motivasi

Rajin, itu adalah hal yang baik dan perlu Anda pertahankan. Namun, meskipun Anda rajin bekerja belum tentu Anda memiliki motivasi yang cukup untuk menghadapi semua tantangan yang ada di lapangan. Ketika Anda gagal mencapai closing dalam 3 – 10 proses, ini akan menurunkan motivasi kerja Anda. Hal ini bukanlah cara yang baik untuk Anda lakukan. Sebaliknya, yang harus Anda lakukan adalah terus memompa motivasi dari dalam diri Anda untuk menghasilkan penjualan disaat Anda merasa sulit.

2. Jangan berhenti untuk belajar

Jangan pernah merasa pengetahuan sales Anda sudah cukup untuk menghasilkan penjualan. Karena, dunia sales adalah dunia yang tidak dapat diprediksi. Ketika Anda berpikir sudah memiliki pengetahuan yang cukup, itu artinya Anda sudah membatasi diri. Hindari pola pikir tersebut dan selalu memaksimalkan setiap waktu untuk belajar. Dengan demikian Anda akan memiliki lebih banyak pengetahuan yang sebelumnya belum pernah Anda miliki.

3. Ubah sudut pandang

Semua sales memiliki satu sudut pandang yang dapat difokuskan dengan mencoba untuk selalu menghasilkan closing dari setiap prospek yang dimiliki. Untuk itu, ubahlah sudut pandang Anda dari yang hanya memikirkan closing dengan mencoba untuk berpikir membantu pelanggan. Memberikan bantuan kepada pelanggan dan prospek akan lebih memberikan kepercayaan daripada hanya menawarkan produk/layanan.

4. Kenali pelanggan Anda

Menjaga komunikasi dengan pelanggan, memeriksa demografi pelanggan, personalisasi pelanggan dan menjaga hubungan dengan pelanggan adalah upaya-upaya untuk mengenal pelanggan-pelanggan Anda. Dengan mengenal pelanggan melalui cara yang efektif Anda akan berpeluang untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik pula. Jika Anda ingin lebih efektif dalam proses mengenal pelanggan, menggunakan sistem CRM adalah solusi bagi Anda.

5. Menjadi pendengar yang baik

Keluhan prospek atas masalah yang mereka hadapi, keluhan pelanggan atas masalah dari produk Anda merupakan hal yang lumrah terjadi. Yang harus Anda lakukan adalah tetap menjaga diri Anda untuk berada pada posisi yang siap mendengarkan setiap keluhan dan masalah mereka. Selanjutnya, tawarkan solusi yang tepat untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK