Return to site

6 Hal Yang Harus Ada Saat Anda Menggunakan CRM

· CRM Indonesia,CRM Software

Jika kita berbicara tentang bagaimana menentukan CRM yang paling tepat untuk perusahaan, kami hanya bisa memberikan jawaban bahwa tepat atau tidaknya pemilihan CRM itu relatif. Karena yang menentukan keberhasilannya adalah dari pihak perusahaan dan tim sendiri. Yang perlu diperhatikan juga adalah perbedaan masalah yang dihadapi oleh perusahaan terkadang membutuhkan solusi yang unik. Namun, kami memiliki beberapa saran lain agar Anda dapat menemukan CRM yang sesuai untuk kebutuhan Anda dan perusahaan.

1. Mudah digunakan dan dipelajari oleh tim Anda

Ada banyak model CRM yang dapat Anda temukan baik menggunakan CRM pengembangan lokal seperti Sales1CRM maupun CRM dari luar negeri. Namun, satu hal yang perlu Anda garis bawahi adalah bagaimana CRM tersebut mampu dioperasikan oleh semua tim di dalam perusahaan dengan mudah tanpa harus memberikan pelatihan panjang yang menghabsikan waktu.

2. Pembaruan sistem secara efektif tanpa harus mengganggu kinerja tim

Tidak ada kata sempurna pada sebuah sistem dan teknologi. Perubahan zaman membuat teknologi yang saat ini canggih menjadi tidak berarti. Begitu pula dengan CRM, penyedia CRM yang menjadi pilihan Anda haruslah yang mendukung pembaruan teknologi secara rutin sebagai bentuk pelayanan provider untuk Anda. Namun, pastikan pula pembaruan sistem yang dilakukan oleh provider tidak menghambat Anda dalam bekerja. Kita tahu, sering kali pembaruan sistem maupun pembaruan server membuat Anda harus berhenti melakukan aktivitas dengan CRM yang digunakan. Ini merupakan suatu kerugian bagi apabila pada saat penting Anda tidak dapat mengakses data dari CRM.

3. Sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan

Memang secara garis besar CRM adalah aplikasi/platform yang diciptakan untuk menciptakan hubungan dan meningkatkan penjualan. Tetapi, setiap CRM memiliki niche tersendiri untuk masing-masing industri. Pastikan bahwa provider yang Anda pilih dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan dan niche bisnis Anda.

4. Memiliki basis penyimpanan cloud

Khusus untuk beberapa jenis industri memang tidak diharuskan menggunakan cloud CRM. Namun, jika bisnis yang Anda miliki masuk pada salah satu bisnis yang dapat menggunakan cloud CRM, kami sarankan untuk memilih CRM jenis ini. Diskusikan dengan penyedia pilihan Anda mana yang terbaik untuk diimplementasikan pada bisnis Anda. Jika Anda ingin menggunakan layanan CRM dari kami, Anda dapat mengirimkan email ke hi@sales1crm.com atau dengan mengunjungi halaman kontak.

5. Enkripsi dan keamanan data

Yang terpenting pada sebuah teknologi dan aplikasi adalah keamanan data yang disimpan pada sistem. Pastikan Anda mencari tahu rekam jejak provider pilihan Anda apakah pernah tersangkut kasus masalah keamanan siber atau tidak. Jika Anda kurang yakin, jangan sungkan untuk bertanya tentang hal ini kepada penyedia.

Ilustrasi (c) Unsplash.com