Return to site

6 Langkah Meningkatkan Motivasi Penjualan Anda

Cara memotivasi tim sales & marketing untuk meningkatkan penjualan

· Tips Bisnis,Tips,Business Blog
6 Langkah Meningkatkan Motivasi Penjualan Anda

Dalam bisnis tidak hanya membutuhkan skill untuk menjalankannya. Tetapi juga diperlukan motivasi dari dalam diri sendiri untuk mencapai sebuah tujuan dalam menjalankan bisnis tersebut. Untuk membangun motivasi ini, biasanya para pelaku bisnis mengikuti seminar-seminar atau berkonsultasi dengan orang yang sudah sukses atau pula dengan membaca buku.

Dalam kesempatan kali ini, kami ingin berbagi tips bagaimana cara memotivasi Anda untuk bisa meningkatkan penjualan. Cara yang akan kami berikan cukup sederhana dan tidak sulit untuk diterapkan. Berikut adalah enam langkah untuk memotivasi diri dalam meningkatkan penjualan.

1. Menjauhi orang-orang negatif di sekitar Anda

Bukan rahasia lagi jika di sekitar kita akan ada banyak orang yang memberikan efek negatif kepada kita. Mereka yang memberi dampak negatif dan menurunkan motivasi Anda dalam berjualan/berbisnis harus dijauhi. Karena, jika mereka berhasil membawa Anda ke dunia mereka, maka Anda tidak akan lagi memiliki semangat untuk berjualan lagi. Orang-orang ini bisa saja dari teman, rekan bisnis atau bahkan keluarga. Siapa pun mereka, Anda harus bisa menjauhinya, dalam artian tidak membicarakan tentang apa yang Anda kerjakan atau meminimalkan waktu bersama mereka.

2. Buatlah perayaan kecil-kecilan atas keberhasilan Anda setiap hari

Perayaan kecil-kecilan ini bisa dengan mereka yang telah membantu Anda meraih keberhasilan. Perlu Anda ingat, jangan jadikan langkah ini sebagai ajang pamer kepada orang yang telah menilai Anda negatif. Singkat saja, jika Anda memberi efek positif kepada diri Anda atau orang lain maka hal positif juga yang akan Anda dapatkan.

3. Investasikan pelanggan terbaik

Langkah yang dimaksudkan dalam poin ini adalah bagaimana cara membangun hubungan dengan mereka. Semakin baik hubungan Anda dengan pelanggan, maka semakin loyal pula mereka. Gunakan kepercayaan mereka sebagai motivator bagi Anda untuk meningkatkan pelayanan. Anda dapat menjaga hubungan dengan mereka baik dengan cara tradisional atau dengan menggunakan CRM.

4. Bermain dengan kekuatan Anda

Bermain dengan kekuatan yang dimaksud disini adalah bukan kekuatan fisik Anda. Tapi, seberapa besar kemauan Anda untuk memikirkan hal positif sebagai motivasi Anda. Yang harus Anda ingat, sekuat apapun orang lain, mereka juga memilki kelemahan. Hanya saja mereka yang lebih kuat adalah mereka yang tidak mau membuang waktu untuk memikirkan kelemahannya.

5. Fokus pada waktu yang Anda miliki

Orang yang sukses adalah orang yang fokus. Jangan biarkan diri Anda berada pada sisi yang tidak bisa fokus pada target. Kita semua memilki waktu yang sama yakni 24 jam dalam sehari, tapi tingkat kesuksesan mereka berbeda-beda. Ini dikarenakan mereka yang sukses memiliki kemampuan untuk menggunakan waktu mereka sendiri secara optimal. Untuk mendapatkan hasil ini, Anda harus berorientasi pada tujuan sehingga Anda akan termotivasi untuk fokus pada bagaimana mencapai tujuan Anda.

6. Berpikir jangka panjang

Ketika kinerja Anda sudah menurun, Anda harus memikirkan jangka panjang bisnis Anda atau karir Anda sebagai seorang sales. Berpikir jangka panjang bisa menumbuhkan motivasi kembali disaat Anda sudah mulai down. Banyak orang yang fokus pada jangka pendek, namun mereka juga lupa untuk memikirkan jangka panjangnya seperti apa.

Kami akan membahas lebih lanjut tentang enam cara meningkatkan motivasi penjualan ini di blog kami selanjutnya. Untuk itu, tetap ikuti blog kami dengan mem-bookmark atau mendaftarkan email untuk berlangganan di kolom subscribe. Anda juga dapat megirimkan email kepada kami di hi@sales1crm.com