Return to site

7 Hal Penting Bagi Sales Untuk Mencapai Kesuksesan

Bukan jalan pintas, tapi fase yang membawa salesperson pada kesuksesan

· Tips Sales

Banyak cara untuk menjadi salesperson yang sukses mencapai penjualan. Hanya saja, untuk bisa menjadi salesperson seperti yang dicapai oleh sales sukses lainnya, ia harus memahami bagian penting dalam proses penjualan. Apa saja yang perlu menjadi perhatian salesperson untuk mencapai kesuksesan penjualan?

1. Harus dikenal oleh lead

Salesperson yang sukses adalah orang yang mudah dikenal oleh leadnya. Anda tidak akan bisa mengembangkan proses jika lead yang menjadi target tidak bisa mengenali Anda secara pribadi, perusahaan dan produk.

2. Disukai dan dipercaya oleh lead

Tidak ada penjualan yang terjadi jika lead tidak menyukai produk dan tidak dapat mempercayai salesperson. Mulailah untuk membuat pelanggan menyukai dan mempercayai Anda secara pribadi. Kemudian, arahkan lead Anda untuk menyukai produk dan mempercayai perusahaan Anda. Sehingga penjualan Anda akan menjadi lebih mudah dicapai.

3. Menciptakan nilai yang berbeda dari kompetitor

Setiap produk memiliki nilai masing-masing dan tidak menutup kemungkinan bahwa nilai yang ditawarkan pun serupa/mirip dengan apa yang sudah ditawarkan oleh kompetitor sebelumnya. Jadi, sangat penting bagi salesperson dan perusahaan untuk membuat produk yang memiliki nilai berbeda dari apa yang ditawarkan oleh kompetitor agar penjualan tercapai. Nilai ini dapat Anda ciptakan melalui pengembangan produk, fitur maupun dengan layanan yang menarik kepuasan pelanggan.

4. Penyaringan prospek

Setelah mendapatkan lead, tentu Anda perlu memilih lead berkualitas untuk Anda jadikan prospek. Untuk membawa Anda pada penjualan yang lebih baik, maka Anda harus mampu menyaring prospek dengan memperhatikan kebutuhan dan kualitasnya.

5. Menjadi pendengar

Prospek memiliki banyak masalah yang harus dihadapi guna menjaga bisnisnya untuk tetap berjalan dengan baik. Bahkan untuk bisnis B2C pun juga membutuhkan sosok ahli yang dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi. Di sinilah peran seorang salesperson harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi prospeknya. Tujuan utamanya adalah untuk mengenali apa saja yang menjadi masalah utama prospek dan bagaimana produk Anda dapat memberikan solusi untuk prospek ketika menggunakan produk Anda.

6. Memiliki wawasan yang baik untuk membawa bisnis perusahaan dan bisnis pelanggan

Perusahaan Anda menjadi wadah untuk pelanggan mengembangkan bisnisnya, sedangkan pelanggan menjadi wadah bagi perusahaan Anda untuk bisa berjalan berkelanjutan. Untuk itu, salesperson wajib memiliki wawasan bisnis yang berhubungan dengan perusahaannya saat ini dan juga memiliki wawasan untuk mendorong pertumbuhan bisnis pelanggan. Sehingga kerjasama antara perusahaan dan pelanggan akan berlangsung lama.

7. Menjalankan visi dan misi yang berpihak pada pelanggan

Bukan hanya perusahaan yang memiliki visi dan misi. Seorang sales juga perlu membuat visi dan misi untuk meningkatkan potensi penjualan. Buatlah visi dan misi yang baik dan berpihak pada pelanggan dan bisnisnya. Sehingga Anda memiliki langkah-langkah yang jelas untuk menawarkan produk maupun untuk menambah jumlah pelanggan melalui proses yang lebih baik dan efisien.

Kesimpulan:

Hal penting dalam penjualan bukan hanya sebatas penjualan dan kemampuan salesperson saja. Tetapi, faktor penting yang mendorong keberhasilan salesperson juga ditentukan oleh sikap salesperson dan perusahaan yang mementingkan pelanggan-pelanggannya sebelum memikirkan keuntungan belaka.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly