Return to site

Alasan Mengapa Anda Harus Memberikan Deadline Kepada Prospek

Menunggu seorang prospek tanpa ketegasan mengurangi produktivitas

Alasan Mengapa Anda Harus Memberikan Deadline Kepada Prospek

Ketika kita sedang melakukan pendekatan dengan prospek, sering kali kita akan mendapatkan jawaban “Biarkan saya berpikir untuk memikirkan hal ini”, “Maaf, kami perlu mendiskusikan lebih lanjut” dan lain sebagainya. Setelah beberapa minggu, kita akan berinisiatif untuk menghubungi prospek tersebut dan tak sedikit pula yang mendapatkan jawaban yang sama.

Kejadian tersebut merupakan kejadian yang sangat umum yang dihadapi oleh seorang sales. Jika Anda tidak memberikan waktu pasti, Anda tidak akan segera mendapat jawaban dari mereka. Anda harus segera mendapatkan komitmen verbal dari prospek untuk meyakinkan Anda bahwa prospek ini memang akan melakukan pembelian secepatnya. Jika Anda tidak tegas, maka Anda tidak bisa melakukan penjualan lebih baik. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus memberikan batasan waktu (deadline) kepada prospek.

1. Prospek membuang waktu produktif yang Anda miliki

Prospek yang selalu meminta waktu tambahan untuk berpikir merupakan prospek yang setengah hati dengan produk Anda. Bisa jadi prospek tersebut juga tengah melakukan negosiasi dengan perusahaan lain. Jika Anda terus menunggu prospek yang meminta waktu, Anda kehilangan kesempatan untuk menarik prospek lebih banyak. Anda juga hanya membuang-buang waktu dengan menunggu prospek yang tidak berani memberikan kepastian setelah Anda memberikan tambahan waktu beberapa kali.

2. Anda menghabiskan waktu hanya untuk satu transaksi

Menunggu prospek yang berpikir terlalu lama mungkin bisa berakhir positif. Dimana prospek akan memutuskan membeli produk Anda. Tapi, Anda hanya berfokus pada penantian panjang dari prospek ini. Sehingga waktu yang seharusnya Anda maksimalkan untuk beberapa transaksi habis begitu saja untuk satu transaksi.

3. Ketegasan sebagai bukti kepercayaan diri Anda

Ketika Anda mengikuti kemauan prospek yang tidak memiliki ketegasan, Anda harus segera menentukan batasan waktu kepada mereka. Dengan bertindak lebih tegas, Anda membuktikan bahwa Anda percaya diri dengan produk/layanan yang Anda tawarkan. Kepercayaan diri Anda ini mengartikan bahwa Anda bisa mencari prospek baru yang lebih potensial daripada menunggu satu prospek yang hanya mengulur-ulur waktu.

Itulah alasan mengapa Anda harus memberikan deadline untuk prospek yang tidak bisa memberikan keputusan dengan cepat. Sebagai tambahan, Anda dapat membaca tips menciptakan urgensi kepada pelanggan agar membukukan closing lebih cepat pada halaman ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com