Return to site

Alasan Mengapa Harga Rendah Gagal Menambah Pelanggan

Sisi gelap menjual dengan harga murah untuk bisnis

· Tips Sales

Anda ingin menjual dengan cepat dan memanfaatkan pengurangan harga untuk mencapai penjualan. Akan tetapi, saat Anda melakukan cara tersebut Anda justru dapat menghancurkan prospek bisnis jangka panjang pada perusahaan Anda. Bahkan yang terburuk adalah ketika sudah mengorbankan keuntungan, Anda gagal menambah jumlah pelanggan.

 

Jika Anda masih ragu, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat meningkatkan jumlah pelanggan ketika Anda sudah menjual dengan harga murah:

 

1. Mudah pergi mencari perusahaan lain

Seorang pelanggan yang suka mencari produk dengan harga rendah adalah pelanggan yang dapat dengan mudah mengubah keputusannya untuk melakukan pembelian. Pelanggan tersebut akan melakukan pembelian pada perusahaan lain jika ia menemukan harga yang lebih murah dari produk Anda. Karena sebagian dari mereka tidak lagi membicarakan kualitas, tetapi yang utama adalah harga produk murah.

 

2. Tidak menghargai produk

Pelanggan yang selalu mencari harga murah adalah pelanggan yang tidak dapat menghargai produk yang ia beli. Artinya, sebagus apapun kualitas produk yang Anda miliki tetap saja tidak ada nilai. Sehingga prospek masa depan brand Anda hanya dikenal sebagai penyedia produk murah.

 

3. Investasi Anda terhambat

Menjual prroduk dengan harga murah artinya siap untuk mengalami perlambatan pertumbuhan. Karena menjual harga murah tidak akan bisa memberi keuntungan yang diperlukan untuk menginvestasikan bisnis Anda lagi.

 

4. Candu terhadap harga murah

Setelah Anda mulai menjual produk berdasarkan harga murah. Pelanggan akan mulai kecanduan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Anda pun akan cepat kehilangan kemampuan menjual untuk fokus pada manfaat dan hasil pelanggan.

 

5. Mudah komplain

Pelanggan yang suka membeli produk dengan harga murah juga terdapat pelanggan yang memiliki ekspektasi tinggi. Ia ingin produk berkualitas dengan harga yang murah. Akhirnya ia selalu merasa tidak puas dengan produk yang ia beli. Ia pun akan selalu komplain dan memandang perusahaan dengan cara negatif.

 

6. Mudah menyebar

Awalnya, Anda ingin memberikan harga murah untuk beberapa pelanggan, namun harga murah yang didapatkan oleh pelanggan sebelumnya pun ia sebarkan kepada orang-orang sekitar tentang keberhasilannya mendapatkan produk Anda dengan harga murah. Ketika mereka sudah mulai melakukan pembelian dan mendapatkan harga murah ia akan mencari harga murah secara terus-menerus.

 

Itulah 6 alasan mengapa menjual harga murah tidak mampu meningkatkan penjualan dan gagal menambah pelanggan. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda memiliki sudut pandang lain terkait harga murah ini? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK