Return to site

Apa Itu CRM dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis?

Definisi CRM dan fitur-fitur yang terdapat pada CRM

· CRM Di Indonesia,Benefits of CRM,What is CRM
Apa itu CRM?

Perkenalan apa itu Customer Relationship Management (CRM)?

Customer Relationship Management (CRM) adalah platform yang dapat mengatur informasi penting dari pelanggan Anda dengan cara yang lebih sederhana sehingga Anda dapat melihat semua informasi tersebut hanya dalam satu tempat. Relationship atau Hubungan adalah titik utama platform ini, dan tujuannya adalah untuk tetap menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan.

Keunggulannya adalah dengan CRM ini Anda tidak perlu meninggalkan aplikasi untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pelanggan. Dengan CRM ada dapat melihat kontak pelanggan, mem-follow up, mengatur tugas, melacak performa penjualan dan lain sebagainya. Selain kemudahan, penerapan CRM yang benar akan meningkatkan efisiensi penjualan dan dapat menemukan target penjualan yang lebih akurat.

Tanda Bisnis Anda sangat membutuhkan CRM

Semua bisnis itu pasti membutuhkan suatu hubungan, mulai dari hubungan kecil hingga hubungan yang lebih kompleks. Hal ini tentu sudah Anda sadari sejak Anda ingin mulai menjalankan bisnis. Ketika jumlah pelanggan Anda sedikit, Anda hanya butuh secarik kertas untuk menyimpan informasi pelanggan Anda, ketika semua berjalan baik dan pelanggan semakin besar mungkin Anda sudah mulai menyimpan data pelanggan berpindah ke kontak telepon dan hingga akhirnya Anda menyimpan pada laptop/PC dalam bentuk excel atau word atau software lainnya.

Namun, ketika bisnis Anda semakin besar, semua cara diatas tidak dapat Anda terus pertahankan karena akan terjadi “kehilangan” yang mungkin tidak disengaja. Dalam kondisi tersebut adalah tanda bahwa Anda sudah harus mulai menggunakan CRM. Mengapa demikian?

Alasan mengapa Anda harus menggunakan CRM

  1. Tidak mengandalkan satu sumber untuk menyimpan informasi pelanggan,
  2. Mampu menemukan data pelanggan kecil atau bahkan “mudah untuk dilupakan”.
  3. Laporan dan analisis proses penjualan yang sulit dilakukan secara manual dapat dilakukan oleh CRM,
  4. Meminimalisir tingkat ketidakakuratan data
  5. Sering kehilangan data yang dibutuhkan untuk
  6. Mengurangi biaya

Bagaimana CRM meningkatkan produktivitas?

Berbicara tentang pelanggan, banyak sekali marketer yang kehilangan peluang untuk menjaga kepercayaan atau menjaring pelanggan baru. Terdapat dua poin penting mengapa marketer sering kehilangan produtivitasnya.

  1. Minimnya pengetahuan tentang pelanggan
  2. Minimnya komunikasi dengan pelanggan

Membangun strategi penjualan dengan CRM

Produk yang baik akan diminati pelanggan, tentu, tapi bagaimana jika Anda tidak memiliki strategi untuk melakukan penjualan? Dengan data yang kompleks yang terkumpul dalam satu tempat Anda dapat dengan mudah untuk memikirkan strategi bisnis yang pas untuk Anda.

Memaksimalkan CRM untuk Return On Investment (ROI)

Untuk mewujudkan hal ini Anda harus melakukan beberapa langkah seperti

  1. Melacak laporan yang menunjukkan adanya peningkatan
  2. Mengintegrasikan atau mengolah CRM
  3. Memilih CRM yang berbasis cloud.
All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK