Return to site

Apa Saja Kebutuhan Penting Pelanggan? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Perhatikan kebutuhan penting pelanggan sebelum melakukan pendekatan

Apa Saja Kebutuhan Penting Pelanggan? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Semua orang pasti ingin mendapatkan produk/layanan dengan kualitas terbaik dengan harga yang sangat murah. Bukankah demikian? Mungkin bukan hanya dari sisi pelanggan saja, Anda yang dari perusahaan pasti memiliki pemikiran yang sama ketika Anda menjadi seorang pelanggan. Hal seperti itu memang sudah lumrah, tapi pada kenyataannya kualitas dengan harga tidak lagi sesuai dengan prinsip yang kami sebutkan di awal, terutama untuk penjualan B2B.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh The Chally Group Worldwide berikut adalah beberapa hal yang menjadi mayoritas pelanggan inginkan atau yang paling dibutuhkan oleh pelanggan.

1. Persiapan

Pelanggan terutama untuk B2B tidak dapat menentukan pembelian dengan perencanaan pendek seperti halnya kita sebagai orang biasa menginginkan menu makanan favorit kita di restoran. Untuk pelanggan sekala bisnis, semua pelanggan membutuhkan persiapan yang lebih panjang. Untuk itu, berilah waktu untuk mereka sebelum memutuskan melakukan pembelian atau sebelum melakukan pembelian ulang.

2. Kesederhanaan dalam melakukan pembelian

Pelanggan sama seperti halnya orang-orang yang memiliki kebutuhan lainnya. Mereka ingin mengurangi kompleksitas dalam bisnis yang mereka jalani. Mereka ingin Anda menyederhanakan proses penjualan yang Anda keluarkan. Hanya saja Anda tidak boleh menyederhanakan produk. Yang artinya mengurangi kualitas.

3. Loyalitas

Pelanggan B2B terkadang mempertaruhkan perusahaan dan karirnya hanya untuk mempercayakan bisnisnya untuk bekerja sama dengan Anda. Sama seperti halnya And ayang ingin pelanggan loyal, maka pelanggan pun menginginkan loyalitas perusahaan Anda. Anda yang mewakili kepentingan mereka dan bukan hanya kepentingan keuntungan perusahaan Anda saja.

4. Aksesibilitas

Pelanggan selalu ingin tahu bagaimana perlakuan Anda kepada mereka. Apakah Anda meprioritaskan Anda seperti saat melakukan pendekatan atau justru ibarat pepatah “Habis manis sepah dibuang”. Tuntutan mereka mungkin lebih kecil, mereka hanya ingin tetap terhubung dengan Anda apapun situasinya. Ketika pelanggan mengalami permasalahan, mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda. Selain itu, Anda harus bisa segera menyelesaikan masalah pelanggan ersebut untuk semakin percaya dengan Anda.

Itulah empat poin dari berbagai hal yang menjadi kebutuhan pelanggan berdasarkan hasil survei Chally Worldwide Group. Jika Anda memiliki tips lain, Anda dapat menambahkan pada kolom komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com