Return to site

Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Seorang Leader

Tips untuk leader

· Leadership

Menjadi leader artinya ada banyak tugas dan keahlian baru yang harus dikuasai. Selain itu, menjadi seorang leader juga harus memahami apa saja yang harus ia lakukan. Bagi Anda yang baru menjadi seorang leader atau ingin memperdalam kemampuan sebagai seorang leader, berikut adalah hal yang harus dilakukan oleh seorang leader:

1. Menjadi seorang leader harus percaya bahwa selalu ada jalan

Dalam penjualan pasti selalu ada rintangan yang harus dihadapi. Ketika perusahaan mengalami kesulitan penjualan, tim sales kesulitan mendapatkan prospek berkualitas, tugas leader adalah memberi semangat kepada tim dan mencari jalan keluar dari masa-masa sulit tersebut.

2. Menjadi seorang leader harus bisa menjadi guru

Seorang leader harus menjadi guru bagi tim yang diasuh, leader memiliki kewajiban untuk mengajarkan bisnis pada tim, mengajarkan nilai, mengajarkan strategi, mengajarkan empati, mengajarkan taktik dan sebagainya. Jika leader tidak mengajarkan hal-hal dasar ini, perusahaan tidak akan pernah memiliki tim sales yang berkualitas.

3. Menjadi seorang leader harus membantu

Saat tim sales menghadapi kesulitan menghadapi prospek, leader harus berani turun ke lapangan untuk membantu tim yang tidak bisa mendekati prospek dengan baik. Tujuannya adalah untuk memberi contoh dan membantu meningkatkan kepercayaan prospek.

4. Menjadi seorang leader harus memiliki kepercayaan pada tim

Setiap orang memiliki ide, visi dan misi yang berbeda-beda untuk menjalankan tugasnya sebagai seorang sales. Tanamkan kepercayaan Anda kepada mereka untuk bekerja sesuai visi dan misi mereka jika itu adalah cara yang paling cepat bagi tim sales Anda. Selama mereka nyaman dengan apa yang mereka lakukan dan tidak keluar dari salespipeline, Anda harus tetap mendukungnya.

5. Menjadi seorang leader harus mampu memberi semangat

Proses penjualan itu tidak selalu berjalan baik, saat tim mengalami patah semangat, adalah tugas leader untuk memberikan dukungan dan semangat. Dukungan moral Anda adalah hal yang paling dibutuhkan oleh tim saat mengalami kesulitan.

6. Menjadi leader harus memelihara keutuhan tim

Leader haruslah sosok yang berani netral, ia tidak berpihak pada teman, anggota baru, anggota lama, anggota dengan penjualan tinggi dan sebagainya. Leader wajib menjaga keutuhan dan menjaga tim agar tetap sehat. Keberpihakan leader akan berakibat pada semakin rusaknya tubuh sales dan berakibat pada tidak maksimalnya penjualan dan kinerja tim.

Itulah hal-hal yang harus dilakukan oleh leader, masih ada banyak hal lain yang harus dilakukan oleh seorang leader dan akan kami muat pada artikel mendatang. Ikuti kami dengan cara mendaftarkan email pada form subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) unsplash.com