Return to site

Aplikasi CRM Untuk Startup & UMKM, Mengapa Diperlukan?

Startup dan UMKM membutuhkan CRM!

· CRM Indonesia,CRM Software

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) tentunya sudah menjadi alat yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis besar. Tetapi, apakah Startup dan UMKM pernah memikirkan untuk menggunakan aplikasi CRM untuk bisnisnya? Di Indonesia, pelaku bisnis UMKM dan startup masih banyak yang enggan menggunakan aplikasi CRM untuk mendorong pertumbuhan bisnisnya. Mereka lebih yakin dengan menggunakan sistem tradisional, misal menyimpan data pelanggan pada spreadsheet atau dengan menyimpan data di buku catatan. Memang tidak ada yang salah apabila menggunakan metode tersebut, tetapi akan lebih baik jika startup maupun UMKM harus pindah menggunakan aplikasi CRM. Lalu, mengapa harus menggunakan sistem CRM untuk startup atau UMKM?

1. Bisnis Anda berpotensi tumbuh untuk menjadi lebih besar

Jika Anda hanya menggunakan sistem tradisional seperti pada excel dan buku catatan biasa, maka Anda akan mengalami kesulitan ketika suatu saat bisnis Anda sudah berkembang dan lebih besar. Kalau sudah besar, bagaimana cara Anda mengatur setiap pelanggan yang sudah Anda miliki. Bagaimana Anda akan menjaga hubungan dengan mereka? Inilah yang harus Anda jadikan titik penting dalam menggunakan sistem CRM. Ketika bisnis Anda masih baru atau sebatas UMKM inilah maka Anda memiliki peluang besar untuk lebih mudah mengelola data-data pelanggan yang Anda miliki.

2. Hubungan dengan pelanggan dapat Anda lakukan dengan baik

Data pelanggan yang tersimpan pada CRM akan memudahkan Anda untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Ketika ini sudah terjadi, maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan. Hubungan dan komunikasi yang baik, maka akan lebih mudah pula bagi Anda untuk menawarkan produk-produk baru di masa depan.

3. Produktivitas yang lebih baik

Dengan sistem dan manajemen hubungan pelanggan yang baik, maka produktivitas bisnis Anda akan lebih baik pula. Contoh, apabila riwayat data pembelian dari pelanggan ada pada sistem, maka akan mudah bagi Anda untuk melakukan follow up dan menciptakan retensi dari pelanggan-pelanggan yang Anda miliki saat ini.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan CRM untuk startup dan UMKM. Apabila Anda ingin informasi lebih lanjut mengenai penggunaan CRM ini, Anda dapat menggunakan sistem CRM dari sales1 dengan menggunakan sistem kami secara trial dan gratis. Hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com