Return to site

Bagaimana Bisnis Menggunakan Analisis Data untuk Efisiensi Operasional yang Lebih Baik

· Tips Sales

Saat ini, berbagai jenis dan ukuran bisnis beralih ke aplikasi analisis data untuk meningkatkan tingkat efisiensi dan produktivitas. Mereka memperoleh data dari sejumlah sumber baik offline maupun online. Data dalam jumlah besar ini kemudian dikompilasi dan dianalisis dengan menggunakan solusi business intelligence atau dengan CRM. Laporan dan wawasan yang dihasilkan membantu bisnis untuk lebih memahami berbagai nuansa operasional. Mengapa mereka menggunakan analysis tools?

1. Software/tools membantu bisnis mengidentifikasi kebutuhan pasar

BI dan alat analisis data lainnya seperti CRM dapat berguna untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar. Data yang diperoleh dari survei pelanggan online dan offline, jajak pendapat, dan jenis umpan balik lainnya dikumpulkan dan dianalisis dengan aplikasi tersebut. Hasilnya dapat membantu bisnis memahami kebutuhan pasar yang tepat. Karena kebutuhan ini dapat bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Ketika bisnis dapat memahami kebutuhan pasar tersebut dengan lebih baik, mereka dapat menyesuaikan rencana produksi mereka. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang.

2. Tools membantu mendeteksi masalah produktivitas tim

Tidak semua orang dalam tim di perusahaan memiliki kinerja dan produktivitas yang sama. Seorang anggota tim senior dan tim berpngalaman dapat bekerja lebih cerdas dan lebih cepat daripada yang baru dilantik, tapi terkadang juga sebalinya. Tools akan membantu Anda untuk mendeteksi dan menemukan titik masalah ketika Anda menemukan adanya masalah dalam produktivitas.

3. Tools membantu dalam memahami masalah efektivitas dan efisiensi

Penurunan produksi dapat mempengaruhi output dalam pengaturan bisnis. Mungkin sulit bagi manajemen perusahaan untuk memahami apa yang menyebabkan keterlambatan alur kerja produksi. Alasan dari tim mungkin akan berbeda-beda satu sama lain. Efisiensi dan efektivitas ini tidak hanya dibutuhkan oleh tim sales, namun juga untuk tim produksi bagi bisnis manufaktur. Tools seperti CRM dan Sales Force Automation akan membantu perusahaan dalam mencari titik masalah tersebut agar dapat mencapai efektivitas dan efisiensi bisnis dan penjualan.

Dari tiga alasan di atas, yang hanya sebatas contoh, sudah cukup untuk Anda dalam mengambil keputusan dengan lebih bijak mengenai alalisa data. Ketika alat analitik data digunakan, lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui setiap masalah yang Anda hadapi baik internal dan internal. Manajemen kemudian dapat mengambil tindakan korektif untuk memastikan operasional tetap dalam batas yang layak.

Ilustrasi (c) Unsplash.com