Return to site

Bagaimana Cara Agar Implementasi Software CRM Di Perusahaan Anda Tidak Sia-Sia?

· Implementasi CRM

Jika Anda telah memutuskan untuk implementasi CRM dalam mendukung bisnis Anda, atau Anda sudah memiliki pilihan vendor CRM yang menurut Anda tepat, ada baiknya untuk mempersiapkan tantangan yang akan Anda hadapi, karena ada tugas yang cukup serius untuk benar-benar membuat semua pekerjaan terbentang di depan Anda. Berikut adalah 5 tips untuk memastikan bahwa implementasi CRM Anda berhasil.

1. Pastikan dukungan manajemen

Mari kita mulai dengan soal manajemen perusahaan, adopsi CRM hanya berhasil jika tim menggunakan sistem. Lebih dari itu, penelitian membuktikan kurangnya dukungan dari eksekutif senior dan manajemen menjadi alasan mengapa proyek CRM gagal. Karena CRM adalah proyek yang melibatkan semua bagian perusahaan, manajemen dan board member tidak hanya harus terlibat, tetapi juga menginspirasi dan membangun kredibilitas di antara yang lain. Manajemen mendorong opini dan budaya dalam perusahaan, itulah sebabnya keterlibatan awal memberikan efek positif ke seluruh perusahaan. Jadi, libatkan pemimpin Anda!

2. Temukan manager proyek yang tepat

Saat Anda menerapkan sistem CRM baru (atau jika Anda baru saja beralih ke sistem baru), orang yang paling penting adalah orang yang memiliki mandat untuk menjalankan proyek, yaitu manager. Manager memiliki peran yang sangat penting, karena dia mengatur seluruh tugas untuk menggunakan CRM. Manager akan memastikan bahwa langkah-langkah yang diperlukan diambil tepat waktu dan tujuan tercapai. Tidak harus seseorang dari manajemen, tetapi harus menjadi "pelaku" dengan antusiasme yang menular, komitmen, dan perhatian yang besar terhadap detail.

3. Tunjuk pengguna yang berdedikasi

Pengguna yang berdedikasi dan tanggung jawab dalam penggunaan CRM tidak sama dengan manager. Ia adalah orang yang ditugaskan sebagai anggota tim yang terlatih dan berpengalaman dalam menggunakan sistem CRM. Ia yang Anda tunjuk menguji semua yang ada di dalam sistem CRM dan kemudian menjadi trainer untuk anggota tim lainnya agar mampu mengoperasikan CRM sebagaimana mestinya.

4. Training

Training penggunaan sistem CRM adalah hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan saat memilih sistem CRM. Jika Anda belum memiliki tim yang berpengalaman dalam menggunakan CRM, maka Anda harus memilih vendor CRM yang memberikan layanan training penggunaan CRM Untuk tim Anda. Ini akan sulit jika Anda memilih sistem CRM yang beroperasi di luar Indonesia. Maka dari itu, implementasi sistem CRM yang dikembangkan oleh pengembang lokal seperti Sales1 CRM akan memudahkan Anda untuk meminta tim Sales1 memberikan pelatihan kepada tim Anda untuk menggunakan sistem CRM dengan benar.

5. Siapkan pedoman penggunaan internal

Sistem CRM membutuhkan data berkualitas yang perlu dimasukkan ke dalamnya. Itulah mengapa penting untuk menetapkan pedoman penggunaan umum. Misalnya, bagaimana memasukkan data perusahaan baru atau mendaftarkan penjualan. Jika tim Anda tidak mengerti cara memasukkan data ke dalam sistem CRM, akan sulit untuk memaksimalkan keberhasilan implementasi sistem CRM, memantau kemajuan penjualan, menarik laporan, mengirim email pemasaran ke pelanggan, dan menawarkan layanan pelanggan yang cepat dan efektif.