Return to site

Bagaimana Sistem CRM Meningkatkan Produktivitas Bisnis Retail

· CRM Retail,CRM Indonesia

Perangkat lunak CRM membuat proses penjualan lebih mudah mulai. Sistem CRM dapat menyimpan semua data pelanggan dan barang yang Anda jual dalam satu sistem sehingga membuat semua orang menjadi lebih baik dalam pekerjaan mereka dan menghemat waktu. Sistem CRM membantu mengotomatiskan proses dari pemasaran hingga ke checkout/penjualan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadikan CRM sebagai alat yang baik untuk memperbaiki dan meningkatkan produktivitas bisnis retail:

1. Personalisasi layanan pelanggan

Dengan memantau keinginan pelanggan reguler mereka dan informasi kontak, tim penjualan ritel dapat menanggapi kebutuhan khusus pelanggan dengan cara yang jauh lebih personal. pelanggan mengatakan mereka lebih suka membeli dari perusahaan yang menggunakan informasi pribadi mereka untuk menjadikan pengalaman berbelanja mereka lebih relevan.

2. Memfasilitasi segmentasi daftar pelanggan

Software/sistem CRM memungkinkan perusahaan ritel untuk menyaring pelanggan melalui daftar email mereka berdasarkan minat, demografi atau faktor lain yang lebih tepat di dalam sistem mereka. Dengan mengelompokkan pelanggan, mereka dapat menargetkan target yang relevan di area tertentu dengan upaya pemasaran yang maksimal sesuai kebiasaan pelanggan. Misalnya, toko ritel ingin menargetkan pelanggan di Jakarta Utara dengan promosi pakaian yang nyaman saat kondisi musim kemarau yang sangat panas, sedangkan promosi yang dikirimkan adalah promosi yang pakaian yang cocok untuk daerah yang lebih dingin seperti di daerah pegunungan, tentu ini akan menjadi pemasaran yang sia-sia dan membuang-buang uang. Namun, dengan melakukan segmentasi, Anda dapat mencegah hal tersebut.

3. Merampingkan proses penjualan

Sistem CRM dapat digunakan untuk memantau keinginan utama dari pelanggan untuk datang ke toko serta semua pembelian mereka. Hal ini memungkinkan tim untuk melakukan percakapan di mana mereka dapat melengkapi informasi yang dibutuhkan pelanggan agar dapat menawarkan barang yang sesuai. Jika seorang pelanggan baru-baru ini membeli mesin cuci, tim dapat menyarankan pengering atau papan setrika yang sesuai berdasarkan informasi yang tersedia bagi mereka dalam sistem. Inilah yang kemudian membuat pelanggan akan merasa bahwa perusahaan telah memperhatikan pelanggan dan mengerti kebutuhannya.

4. Mengurangi waktu pelatihan tim

Sistem CRM untuk bisnis retail juga memudahkan proses dalam melatih anggota tim baru. Dengan mengintegrasikan semua proses ke dalam sistem yang terpusat. Hal ini tentu akan membuat para pekerja merasa jauh lebih efisien dalam pekerjaan mereka, meningkatkan kepercayaan di kedua sisi transaksi.

5. Menyederhanakan manajemen stok produk

Sistem CRM untuk retail yang terintegrasi akan membuattim lebih mudah dalammelakukan pengecekan stok suatu produk guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Ketika seorang tim memiliki akses ke tingkat stok di toko atau gudang, mereka dapat melakukan segala kemungkinan untuk mendapatkan apa yang diinginkan pelanggan mereka. Ini juga memudahkan manajer dan tim perusahaan untuk mengelola stok dengan baik.

6. Sinkronisasi dengan program lain

CRM untuk ritel sering disinkronkan dengan program lain seperti sistem pemrosesan pembayaran, penyedia email dan perangkat lunak akuntansi. Integrasi ini membuat semua tim lebih produktif dengan memberi mereka akses langsung ke informasi yang mereka butuhkan.

Itulah beberapa hal yang membuat sistem CRM dapat meningkatkan produktivitas bisnis ritel yang dapat kami berikan. Jika Anda ingin mengetahui manfaat lebih lanjut dari sistem CRM untuk meningkatkan produktivtas bisnis ritel, Anda dapat mulai menggunakan sistem CRM dari Sales1. Anda dapat mendaftar dan mencoba demo akun selama 14 hari secara gratis. Tunggu apa lagi, hubungi kami sekarang juga di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com