Return to site

Bagian Penting Dalam Penjualan, Namun Luput Dari Perhatian Salesperson

Jika Anda tidak menemukan penyebab kegagalan, bisa saja ini salah satunya!

· Tips Sales

Mengeluh saat mengalami kegagalan penjualan bukanlah solusi atas masalah penurunan maupun kegagalan menjual. Namun, mencari tahu penyebab kegagalan adalah solusi yang harus Anda miliki saat mengalami kondisi seperti ini. Banyak salesperson mengeluh tidak bisa menjual, namun mereka tidak mengetahui apa penyebabnya. Bukan karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk menjual, hanya saja mereka melupakan bagian-bagian penting yang sebenarnya sangat membantu penjualan, tetapi luput dari perhatiannya. Apa saja?

1. Lupa untuk membantu bisnis pelanggan

Untuk salesperson B2B, membantu bisnis pelanggan tumbuh lebih baik adalah nilai lebih yang harus diterima oleh pelanggan dari hasil pembelian yang mereka lakukan dengan Anda. Bagi pelanggan, bisnis Anda bukanlah bagian utama untuk mereka. Karena, bisnis mereka sendiri membutuhkan solusi yang dapat membawa pertumbuhan. Jadi, ketika Anda gagal menjual cobalah untuk mengubah strategi Anda dari yang awalnya menawarkan produk, Anda dapat menggantinya dengan menawarkan bantuan kepada pelanggan agar bisnisnya mencapai pertumbuhan yang lebih maksimal melalui produk yang Anda miliki.

2. Membantu memecahkan masalah dengan ide-ide yang relevan

Terkadang prospek tidak mampu memecahkan masalah yang mereka hadapi sendiri. Oleh karena itu, berikan bantuan Anda dengan memecahkan masalah yang mereka hadapi dan disertai ide-ide  yang relevan untuk mengatasi masalah tersebut. Karena, bantuan yang Anda berikan akan menghasilkan kepercayaan yang lebih tinggi dari prospek, Maka Anda harus bisa mendekati prospek sebaik mungkin untuk menawarkan produk menjadi lebih mudah.

3. Meningkatkan profesionalisme dalam bekerja

Ini adalah bagian terpenting dalam penjualan. Jika Anda terlihat sebagai salesperson yang tidak profesional menurut prospek, tentu Anda tidak akan mendapatkan kepercayaan dari lead dan prospek. Walaupun, Anda menawarkan produk terbaik diantara produk kompetitor yang sepadan dengan Anda, prospek tetap akan ragu untuk mempercayakan solusi atas kebutuhan mereka kepada Anda.

4. Follow up Yang Terlambat

Penyebab kegagalan menjual lainnya adalah follow up yang terlambat. Disaat prospek tidak menghubungi Anda karena sibuk, sedangkan Anda hanya menunggu prospek menghubungi, semua proses pun berhasil diambil alih oleh kompetitor. Upaya yang sudah Anda lakukan sebelumnya pun menjadi upaya sia-sia.

Itulah beberapa proses yang dapat mendukung penjualan, namun luput dari perhatian tim sales saat mengalami kegagalan dalam menjual. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat lebih berhati-hati untuk menjaga semua peluang pendukung agar penjualan dapat Anda capai.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK